Lihat ke Halaman Asli

KKN 151 Klampokan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNEJ Membangun Desa (UMD) 151 Periode II Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Jember

Intip 2 Minggu Pertama Kegiatan KKN UMD Periode II 2023 di Desa Klampokan, Panji Situbondo

Diperbarui: 21 Agustus 2023   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Timeline KKN Tematik UMD Periode II Tahun 2023

Seperti yang sudah diketahui, bagi Universitas Jember, KKN merupakan kegiatan rutin disetiap tahunnya. KKN “UNEJ Membangun Desa” Periode II Tahun 2023 ini berada di tiga wilayah kabupaten diantaranya Kabupaten Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. Serangkaian proses dalam kegiatan ini telah tersusun rapi pada timeline KKN yang sudah dibuat oleh pihak LP2M UNEJ.

KKN UMD Periode II Tahun 2023 secara resmi dibuka pada upacara penerjunan Rabu, 12 Juli 2023. Kelompok KKN 151 yang beranggotakan 12 mahasiswa/i langsung menuju Balai Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo setelah upacara penerjunan selesai.

Daftar Anggota Kelompok KKN  UMD 151 Periode II Tahun 2023

Input sumber gambar

Sesampainya di Balai Desa, kami disambut oleh beberapa perangkat desa termasuk Kepala Desa Klampokan, Bapak Adi Arso. Kami melakukan konfirmasi kedatangan dan membicarakan sepintas tentang program kerja kami karena untuk pemaparan program kerja secara rinci akan diadakan forum tersendiri dihari besok. Kami juga melakukan konfirmasi terkait pemakaian posko KKN 151 yang letaknya berdampingan dengan rumah Pak Adi.

Gambar 2. Dokumentasi bersama Kepala Desa Klampokan

Pukul 13.00 WIB tiga anggota sebagai perwakilan kelompok (Satrio Wicaksono, Wilda Khoirunnisa, dan Ashon Alrossy Unerly) menghadiri acara “Penerimaan Mahasiswa KKN UMD Periode II Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Jember” di Pendopo Aryo Situbondo didampingi oleh Bapak Muhammad Ghufron Rosyady, S.P., M.P. selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL). Sedangkan anggota yang lainnya melakukan kerja bakti di posko.

Gambar 3. Dokumentasi Bersama DPL dan Perwakilan Kelompok 152

Resmi menjadi mahasiswa KKN di Situbondo, kami menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di Balai Desa Klampokan terkait program kerja yang telah disetujui oleh DPL dan Kepala Desa kepada masyarakat sekitar. Dalam kegiatan itu kami mengundang Dinas Kesehatan sebagai pemateri terkait cara produksi pangan olahan yang baik untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya materi terkait PIRT. Harapannya, pemilik UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk sehingga produk dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Gambar 4. Kegiatan Sosialisasi Program Kerja

Program kerja kami tentang UMKM yang ada di Desa Klampokan. UMKM yang menjadi objek kerja kami yaitu UMKM Kepeng, UMKM Tempe, dan UMKM Molen Kering.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline