Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 146

Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif Kabupaten Jember

Memulai Kegiatan Sensus ATK (Anak Tidak Sekolah) di Desa Curahkalong, Kecamatan Bangsalsari, Jember

Diperbarui: 13 Agustus 2023   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Rabu,  9 Agustus 2023 pada agenda menindaklanjuti program titipan Pemerintahan Kabupaten Jember terkait Sensus ATS atau Anak Tidak Sekolah, seluruh anggota kelompok KKN Kolaboratif 146 Desa Curahkalong memulai kegiatan tersebut dengan bersilahturahmi pada Kepala Dusun Sumber Klopo dimana dusun tersebut menjadi titik mulai pendataan Anak Tidak Sekolah.

Kepala Dusun berpesan untuk memulai kegiatan pada RW RT yang berada pada posko KKN Kolaboratif 146 terlebih dahulu yakni RW 026 dengan RT 001 juga 002. Dan bila telah menyelesaikan pada RW dan RT tersebut kelompok KKN dapat bergerak ke arah utara dusun.

Direncanakan kelompok KKN 146 akan melakukan sensus mulai dari RW 026 hingga RW 030. Dimasing-masing RW terdapat 2 s.d 3 RT yang tersebar di seluruh Dusun Sumber Klopo.

Setelah sistematis pelaksanaan kegiatan didiskusikan, kelompok KKN 146 memutuskan untuk bersilahturahmi kepada seluruh RW dan RT Dusun Sumber Klopo yang dijadikan targetnya. Dalam kegiatan silahturahmi, kelompok KKN 146 memberikan pula informasi berupa kegiatan sensus apa saja yang akan dilakukan dan juga kriteria dari target pendataan bagi masyarakat yang berada dimasing-masing RW dan RT.

Yang menjadi kriteria penargetan data sensus Anak Tidak Sekolah ialah anak yang tidak melanjutkan atau putus sekolah selama jenjang 12 (dua belas) tahun wajib belajar. Data-data yang akan diminta merupakan biodata pribadi serta alasan-alasan yang melatarbelakangi anak-anak tersebut putus sekolah ataupun tidak melanjutkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pada minggu ke-4 (empat) dilakukan proses sensus selama 3 (tiga) kali yang kegiatannya masih berlanjut pada minggu ke-5 (lima) dan ke-6 (enam). Hasil kegiatan tersebut pada minggu ke-4 (empat) ini ialah terdapat beberapa keluarga yang memiliki anak yang tidak melanjutkan sekolah baik karena latar belakang ekonomi maupun kemauan pribadi yang tidak ingin melanjutkan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline