Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 146

Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif Kabupaten Jember

Kegiatan SiDik INFO di MI 05 Miftahul Ulum, Desa Curahkalong, Kecamatan Bangsalsari, Jember

Diperbarui: 30 Juli 2023   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu, 30 Juli 2023 mahasiswa-mahasiswi KKN Kolaboratif Kelompok 146 yang bertempat di Desa Curahkalong melakukan kegiatan SiDik INFO atau Sosialisasi Pendidikan Informal.

Sosialisasi yang dilakukan berisi tentang informasi pendidikan di luar materi formal yang biasa diberikan oleh pihak sekolah.

SiDik INFO atau Sosialisasi Pendidikan Informal yang mahasiswa-mahasiswi KKN Kolaboratif Kelompok 146 bawakan adalah perundungan/bullying dan edukasi seks.

Materi Perundungan/bullying disampaikan kepada kelas 5, sementara edukasi seks disampaikan kepada kelas 6.

Hal ini berdasar kepada fenomena yang meresahkan anak-anak diseumurannya di mana banyaknya khasus perundungan dan pelecehan seksual yang marak terjadi di kalangan anak.

Isi dari materi perundungan/bullying yang kami sampaikan menyangkut apa saja faktor terjadinya perundungan, bagaimana cara mengatasi dan mencegah perundungan, serta dampak bagi pelaku dan korban perundungan.

Sementara untuk materi edukasi seks mengenai pengertian seks, pentingnya menjaga kesehatan intim, dan mencegah perlilaku pelecehan kepada sesama.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan diikuti seluruh siswa kelas 5 dan 6 secara bergantian waktunya.

Anak-anak tersebut terlihat antusias dan merasa mendapat pandangan baru tentang hal yang masih tabu dibahas di kalangan masyarakat.

Sehingga diharapkan setelah SiDik INFO ini dilaksanakan, anak-anak menjadi lebih paham dan peduli tentang pentingnya pemahaman perundungan/bullying dan seks.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline