Lihat ke Halaman Asli

kkn145kesambirampak

KKN Desa Kesambi Rampak

Eksplorasi Kesehatan: KKN UMD 145 UNEJ Aktif dalam Pemeriksaan Fisik Gejala Anemia

Diperbarui: 14 Agustus 2023   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN, Tenaga Kesehatan dan Guru/Dok pribadi

(Situbondo, 29 Juli 2023) Kelompok 145 KKN UMD Universitas Jember sukses mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi siswi kelas IX. Kegiatan pemeriksaan bertempat di MTs Nurul Hikam. Kegiatan pemeriksaan fisik ini merupakan salah satu program kerja KKN 145 yang sesuai dengan tema besar kelompok 145 KKN UMD Universitas Jember, yaitu Desa Produktif dan Berseri (Bersih, Sehat, dan Lestari). 

Dalam kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Polindes (Pondok Bersalin Desa) Kesambirampak. Pemeriksaan yang dilakukan yakni pemeriksaan gejala anemia. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui kondisi kesehatan siswi kelas IX agar dapat dilakukan pertolongan sedini mungkin apabila terdapat gejala anemia yang tidak aman. 

Angka penderita anemia yang masih cukup tinggi di Indonesia menjadi salah satu alasan kelompok 145 KKN UMD Universitas Jember mengadakan pemeriksaan ini.  Penderita anemia di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32 %, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktivitas fisik.

Pemeriksaan Gejala/Dok pribadi

Pemeriksaan dilakukan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023, dimulai pada pukul 08.00 WIB. Antusiasme siswi kelas IX MTs Nurul Hikam cukup tinggi dalam kegiatan pemeriksaan ini, dengan jumlah partisipan sekitar 24 orang. Terdapat dua orang dari tenaga kesehatan yang bertugas untuk memeriksa kesehatan fisik gejala anemia. Sebelum dilakukan pemeriksaan, siswi diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Pemberian Pil Penambah Darah/Dok pribadi

Setelah itu, dilakukan pengecekan pada bagian mata siswi. Dilanjutkan dengan saran dari tenaga kesehatan mengenai gejala anemia, petugas kesehatan akan mencatat hasil pemeriksaan siswi kelas IX MTs Nurul Hikam. Pencatatan ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak siswi yang terkena gejala anemia. Tenaga kesehatan juga memberikan obat bagi seluruh siswi yang menghadiri acara ini agar tidak kekurangan darah saat menstruasi. Terdapat dua siswi yang terindikasi gejala anemia.

Adanya program pemeriksaan fisik ini, Kelompok 145 KKN UMD Universitas Jember berharap siswi kelas IX MTs Nurul Hikam dapat mengetahui kondisi gejala anemianya dan menjadi tindakan preventif sebagai pencegahan agar penyakit yang lebih parah tidak terjadi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline