Lihat ke Halaman Asli

KKN 143 CURAH COTTOK

KKN 143 Universitas Jember

KKN UMD UNEJ: KKN 143 Curah Cottok Turut Berperan dalam Kegiatan Posyandu

Diperbarui: 10 Agustus 2023   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemberian Makanan Tambahan pada balita/Dokpri

24/07/2023 - Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan usaha yang dilakukan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Di Desa Curah Cottok posyandu memiliki beberapa kegiatan diantaranya (1) posyandu lansia (2) posyandu balita (3) PMT (Pemberian Makanan Tambahan). 

Posyandu lansia biasa digelar secara rutin setiap bulan. Biasanya posyandu lansia dilakukan di empat titik yang berbeda di tiap dusun. Posyandu lansia melayani timbang berat badan, cek tensi, cek kadar gula darah dan konsultasi kesehatan bagi lansia yang nantinya akan mendapatkan obat tambahan jika diperlukan. 

Begitu juga dengan posyandu balita, rutin digelar setiap bulan di empat titik berbeda di tiap dusun. Kegiatan posyandu balita meliputi penimbangan berat badan dan imunisasi balita.

Posyandu Balita/Dokpri

PMT (Pemberian Makanan Tambahan) merupakan program intervensi bagi balita dan ibu hamil yang menderita kurang gizi dengan tujuan meningkatkan kebutuhan gizi balita dan ibu hamil serta mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan dibawah normal. Program ini dilakukan selama 90 hari dengan memantau berat badan balita dan ibu hamil tiap minggunya. Pembuatan PMT dilakukan di salah satu rumah kader posyandu. Biasanya PMT sudah bisa diambil oleh balita dan ibu hamil di sore hari, jika mereka berhalangan hadir maka akan diantar ke rumah.  

Kegiatan posyandu biasanya dijalankan oleh petugas posyandu dengan dibantu kader posyandu serta untuk saat ini mahasiswa KKN 143 Curah Cottok turut membantu. 

Posyandu Lansia/Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline