Lihat ke Halaman Asli

KKN 143 CURAH COTTOK

KKN 143 Universitas Jember

KKN 143 Curah Cottok Sukses Gelar Musyawarah Desa Curah Cottok

Diperbarui: 6 Agustus 2023   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama Ketua LEBAD, Pak Sekretaris Desa Curah Cottok,  Pak Camat Kapongan, Ketua BPD, Pendamping Desa Curah Cottok/Dokpri

02/08/2023 - KKN 143 Curah Cottok sukses gelar musyawarah desa dalam rangka pembentukan Lembaga Baitul Maal Desa (LEBAD). Lembaga Baitul Maal Desa (LEBAD) merupakan lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang keagamaan, sosial, dan pendidikan, diantaranya mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, shodaqoh dari masyarakat, dana sosial BUMDes, pemerintah dan pihak lainnya yang tidak mengikat. 

Pembentukan lembaga ini berawal dari niat karena Allah SWT, dengan maksud untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk sadar zakat, infaq, shodaqoh serta menafkahkan sebagian hartanya.  

Dalam musyawarah desa yang diselenggarakan di Musholla Darussalam Dusun Krajan Desa Curah Cottok ini dihadiri oleh Pak Camat Kecamatan Kapongan, Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT dan RW, serta warga Desa Curah Cottok. 

Musyawarah pembentukan LEBAD dipimpin langsung oleh mahasiswa KKN 143 Curah Cottok yang menyampaikan bagaimana dasar dan seberapa pentingnya lembaga kemasyarakatan ini dibentuk. Hasil akhir dari musyawarah desa ini adalah terbentuknya struktur organisasi atau struktur kepengurusan LEBAD yang terdiri dari badan pelaksana, badan audit internal, ketua lembaga, direksi bidang pengumpulan, direksi bidang pendistribusian dan pendayagunaan, dan direksi bidang perencanaan, keuangan, dan pelaporan. 

Dengan terbentuknya lembaga ini diharapkan untuk mendorong kesadaran masyarakat Desa Curah Cottok dalam pembayaran dan pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh. Selain itu, diharapkan pula LEBAD menjadi poros dan contoh bagi desa lain sebagai lembaga kemasyarakatan dalam pembayaran dan pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh yang penuh amanah, transparan dan profesional. 

Sambutan oleh Pak Camat Kapongan/Dokpri

Musyawarah Desa Curah Cottok/Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline