Rejosari, kompasiana.com-Mahasiswa KKN Tematik UNISNU Jepara melaksanakan kegiatan workshop pengembangan sosial media bagi para pelaku UMKM Desa Rejosari,Dawe,Kudus dihadiri pengusaha mikro menengah dan perangkat desa acara bertempat di Aula Balai Desa Rejosari pada (12/9/2024).
Kegiatan ini bertujuan mendampingi para pelaku UMKM Desa Rejosari dalam mengelola sosial media untuk penjualan dan kegiatan promosi pengembangan usaha yang dimiliki , dengan tema kegiatan yaitu "Pengembangan Sosial Media Sebagai Sarana Promosi dan Informasi", diharapkan dalam segi penjualan dan promosi tidak hanya mulut ke mulut namun dapat menjangkau pasar yang lebih luas. UMKM dibekali materi langkah-langkah dalam bersosmed dimulai dari analisis pasar, segmentasi dan analisis tren pasar. Pemateri juga menyampaikan bagaimana branding produk mulai dari nama produk, logo dan merk menggunakan Artificial Intelligence melalui website Aiternama.
Dimas, selaku ketua panitia mengatakan para pelaku UMKM tertarik dengan adanya kegiatan ini karena di zaman serba digital kegiatan yang jauh terasa dekat, maka dari itu konsumen akan lebih tertarik seperti banding harga antar pelaku usaha, jika yang dekat mahal melalui sosial media dapat menjangkau pasar yang lebih luas mungkin akan mendapat penjual yang lebih murah.
"kegiatan selanjutnya adalah, akan ada pendampingan lagi, follow up lagi bagi UMKM yang mau dibantu " imbuhnya.
Peserta merasa puas pada materi yang disampaikan, materi juga jelas dan dapat dimengerti diharapkan dari Mahasiswa KKN Tematik UNISNU Jepara nanti bisa mengawal usaha yang dirasa kurang dalam menggunakan platform digital.
"Kelebihan dan kekurangan itu pasti ada, terlebih pada kekurangan dari kekurangan itulah diharap mahasiswa dapat membantu.." pungkas Musthofa, salah satu pelaku UMKM dengan usaha hidroponik di Desa Rejosari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H