Lihat ke Halaman Asli

Kkn persemakmuranposko03

9 ptkin di Wilayah eks sunan Ampel

Pelatihan Pembuatan Lilin Aroma Terapi dari Limbah Minyak Jelantah oleh Mahasiswa KKN Persemakmuran eks IAIN Sunan Ampel

Diperbarui: 17 Agustus 2024   02:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Ibu-Ibu Dusun Krajan Selatan /dok. pri

Selasa, (06/08/2024)- Minyak dan air tidak dapat menyatu disebabkan oleh adanya perbedaan massa jenis. Banyaknya limbah minyak jelantah yang langsung dibuang ke saluran air dapat mengakibatkan tersumbat. Oleh karena itu mahasiswa KKN Persemakmuran eks IAIN Sunan Ampel posko 3 melakukan pelatihan pembuatan lilin aroma terapi.  

Pelatihan tersebut di ikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak muda Dusun Krajan Selatan, Desa Kabuaran. Pembuatan lilin dimulai dengan penjelasan mengenai alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat lilin aroma terapi.

Berikut ini cara pembuatan lilin aroma terapi : (1. Saring limbah minyak jelantah hingga tidak ada kotoran. (2. Panaskan, lalu Masukkan bahan parafin. (3. Masukkan essential oil untuk menghasilkan aroma terapinya. (4. Masukkan asam stearat lalu ditunggu hingga tercampur semuanya. (5. Masukkan ke dalam cetakan dan berikan tali sumbunya.

Manfaat lilin aroma terapi dari minyak jelantah selain memiliki nilai jual yang tinggi juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh yaitu menenangkan, mengurangi stress, meningkatkan suasana hati, membantu mengatasi insomnia, membuat kualitas tidur lebih baik dan meredakan kelelahan mental.

Praktik Pembuatan Lilin Aroma Terapi/dok./ pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline