Lihat ke Halaman Asli

KKN 135 Darungan

KKN KOLABORASI JEMBER #2 TAHUN 2023

Dukung UMKM Kopi, Mahasiswa KKN 135 Darungan Bantu Maksimalkan Pemasaran Melalui Media Online

Diperbarui: 9 Agustus 2023   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(UMKM Kopi 'Izza Coffee'. Sumber dokumentasi Melik)

Mahasiswa KKN Kolaboratif mengunjungi UMKM kopi pada kamis (27/7/2023) yang berlokasi di Dusun Jumbatan, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Kunjungan kali ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (Rida Darotin, S.Kep., Ns., M.Kep) karena melihat potensi perekonomian Desa Darungan bisa terangkat oleh salah satu komoditas yaitu perkebunan kopi.

Izza Coffee merupakan UMKM kopi yang terkenal di daerah Darungan, memproduksi beberapa jenis kopi diantaranya seperti Arabica, Robusta dan Excelsa dengan berbagai metode yang memiliki alur proses berbeda seperti natural, semi wash, full wash, serta wine. Biji kopi yang diproses berasal dari petani-petani kopi di sekitar rumah produksi ataupun dari kebun pemilik untuk selanjutnya dilakukan sortasi biji yang berwarna merah saja.

(Varian 'Izza Coffee'. Sumber dokumentasi Melik)

“Kopi paling enak memiliki proses penjemurannya satu jam setiap hari hingga mencapai durasi penjemuran 6 jam, tergantung kualitas kopi yang diinginkan” ujar pemilik UMKM Izza Coffe, bapak Saiful. Ketika kopi sudah masuk proses pemanggangan, kopi tidak boleh asal panggang karena menyebabkan rasa kopi menjadi lebih pahit. Penggunaan alat roaster yang tersedia bisa mencapai kapasitas 10 kg dengan pemanasan selama 7 menit. Setelah proses roasting selesai, kopi tersebut dibiarkan selama 2 menit hingga terasa dingin. Untuk pengemasan tergantung pemesanan konsumen baik dalam bentuk roasted bean ataupun kopi bubuk.

Selama ini proses pemasaran melalui media online hanya melalui akun media sosial Instagram saja yang terakhir dikelola sekitar beberapa bulan lalu. Pemilik UMKM hanya mengandalkan pembeli yang datang secara langsung, melalui contact person ataupun warga sekitar yang berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM kopi. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan agar mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 135 turut membantu mempromosikan kembali produk UMKM Izza coffee melalui berbagai media sosial seperti youtube, Instagram, serta tiktok untuk mencapai jangkauan konsumen lebih luas.

Ditulis dan disusun oleh:

Melik T. Dikari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline