Lihat ke Halaman Asli

KKN 130 Jatiroto

Mahasiswa KKN 130 Jatiroto

Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 130 Antar Perguruan Tinggi : Potensi Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember

Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Setiap desa memiliki potensi masing-masing, tak terkecuali Desa Jatiroto. Desa yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Potensi tersebut dapat berupa potensi fisik yang dapat terukur dan dilihat secara fisik, serta potensi non fisik yang berkaitan dengan masyarakat desa dan tata perilakunya.

Potensi fisik yang terdapat di Desa Jatiroto adalah air yang jernih, pertanian berupa tebu dan padi, serta perkebunan berupa pisang. Potensi yang dimiliki ini dapat dikembangkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Contoh pemanfaatan potensi yang telah dilakukan di Desa Jatiroto adalah pengolahan singkong menjadi keripik oleh ibu-ibu RW 2 Dusun Krajan.

"Kalau di RW 2 sini ada usaha keripik singkong yang dikelola ibu-ibu kader posyandu" ucap ibu RW 2 Dusun Krajan, Desa Jatiroto.

Potensi lain yang terdapat di Desa Jatiroto adalah potensi pada bidang pertanian. Hal tersebut terlihat dari banyaknya tanaman tebu yang ditanam pada sawah-sawah sepanjang jalan Desa Jatiroto. Pada musim panen, tanaman tebu tersebut dikirim menggunakan truk menuju pabrik gula di Kabupaten Lumajang. Sehingga banyak masyarakat Desa Jatiroto bekerja sebagai penebang tebu.

Selain pemanfaatan tanaman tebu menjadi gula, ampas dari tanaman tebu juga dapat digunakan sebagai komposit, bahan tekstil, pembuatan kertas, pakan hewan hingga menjadi bahan bakar di industri gula. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi limbah yang mencemari lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline