Lihat ke Halaman Asli

KKN RDR77

Official Media KKN RDR 77 KELOMPOK 122

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ikut Memeriahkan Upacara Hari Santri Nasional

Diperbarui: 16 November 2021   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Tepat pada hari Jum'at tanggal 22 Oktober 2021 peringatan Hari Santri Nasional, mahasiswa KKN RDR kelompok 122 mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di desa Danawaih kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Pada tahun ini, Hari Santri Nasional mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga. 

Menag yang akrab disapa Gusmen itu menjelaskan, Siaga Jiwa berarti santri tidak pernah lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil'alamin dan tradisi luhur bangsa Indonesia, Sementara itu, Siaga Raga berarti bahwa badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

Diantara rangkaian acara HSN yaitu pelaksanaan upacara peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di MA Al-Islamiyah desa Danawarih dan diikuti oleh berbagai unsur masyarakat dari mulai para kyai, santri, IPNU dan IPPNU, Fatayat, Muslimat dan Banser. Jum'at (22/10)

Upacara ini dilaksanakan di berlangsung dengan penuh khidmah dan khusyuk sebagai bentuk rasa cinta terhadap para pendiri bangsa dari kalangan ulama dan para pejuang yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan tanah air. Salah satu peserta upacara Hari Santri Nasional Khilmiyani memberi tanggapan, "Alhamdulilah, Upacara berjalan lancer dan banyak yang ikut berpartisipasi mulai dari siswa sd, smp, sma. Organisasi seperti fatayat IPPNU dan IPPNU juga ikut serta sehingga upacara Hari Santri Nasional sangat berkesan dan terasa serta membekas di hati." Ujarnya.

Dok. Pribadi

Selain mengikuti upacara peringatan hari santri nasional mahasiswa KKN RDR ke 77 kelompok 122 UIN Walisongo Semarang juga mengadakan lomba cerdas cermat (LCC) yang melibatkan TPQ Al-amal. Peserta lomba cerdas cermat ini diikuti oleh para santri di TPQ Al-amal, para santri mengikuti perlombaan ini dengan sangat antusias. Lomba ini dilaksanakan dari jam 16.00 WIB sampai dengan selesai, perlombaan ini berjalan dengan meriah dan ramai. Pelaksanaan lombanya diselingi dengan acara kuis untuk para santri yang tidak mengikuti perlombaan.

Mahasiswa KKN Ariq M sekaligus sebagai pemandu acara dalam lomba LCC ini menyampaikan " Lomba Cerdas Cermat ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN UIN Walisongo dalam rangka memperingati HSN. Tentu para peserta sangat antusias dalam mengikutinya walapun ada sedikit kendala teknis sehingga selesai agak sore. Namun keseluruhan acara berlangsung dengan lancar dan tertib."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline