Lihat ke Halaman Asli

Semarak Pawai Obor Masyarakat Desa Silir Bersama KKN 104 IAIN Kediri

Diperbarui: 2 Agustus 2023   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim Dokumentasi Mahasiswa KKN 104

Sumber: Tim Dokumentasi Mahasiswa KKN 104

"Tahun baru, saatnya menetapkan tujuan baru. Masih ada waktu untuk merenungkan hal-hal penting yang ingin kita capai". Selamat datang 1 Muharram 1445 H". Pawai Obor kini telah sukses diselenggarakan pada  tanggal 18 Juli 2023 oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 104 IAIN Kediri yang dibantu kepanitiaan dari pemuda-pemudi dan perangkat Desa Silir Wates.

Sumber: Tim Dokumentasi Mahasiswa KKN 104

Tahun Baru Hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil hikmah dari peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Dalam peristiwa hijrah tersebut, umat muslim hendaknya dapat  mengambil makna dan pesan yang terkandung didalamnya. 

"Niat kami sekedar ingin menjalankan salah satu proker, tetapi justru hal tersebut di luar ekspektasi." 

Secara tidak langsung ternyata masyarakat desa Silir sangatlah berantusias mengikuti dan memeriahkan perayaan pawai obor ini, yang sebelumnya kegiatan pawai obor sempat vakum kurang lebih 5 tahun lalu dikarenakan kondisi tertentu, seperti adanya pandemi covid 19 dimana pada saat itu tidak boleh diadakannya kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, beserta para orang tua ikut berpartisipasi aktif dalam perayaan tersebut. Terkait Rute perjalanan pawai obor, titik awal berkumpulnya para peserta berada di depan rumah bapak Kepala Desa Silir menuju ke arah timur sampai titik akhir berkumpul di Balai Desa.  

Dengan semangat membara, mereka berjalan bersama membawa obor yang memancarkan cahaya kegembiraan diiringi dengan musik sholawat  untuk memeriahkan dan menyambut tahun baru Hijriah.

Sumber: Tim Dokumentasi Mahasiswa KKN 104

Sesampainya para peserta pawai obor di Balai Desa langsung disambut oleh Tim Hadroh dari Laskar Ngrajek. Kemudian di lanjutkan oleh susunan acara yang meliputi pertama, pembukaan yang dibawakan oleh  dua teman kkn. Kedua, doa awal tahun baru hijriyah yang dipandu oleh bapak Kyai Murtadi. Ketiga, sambutan dari bapak Muhibullah selaku Kepala Desa Silir. Keempat, quiz berhadiah yang di pandu oleh dua host dari rekan kkn. Kelima, penutupan.

Kepala Desa juga menyampaikan beberapa wejangan yang begitu menarik serta dapat menjadi acuan bagi agenda-agenda desa di tempo selanjutnya. "Saya harap, acara seperti ini diadakan kembali tahun depan. Ini menjadi tanggung jawab pemuda-pemuda di Desa Silir Wates." Ujarnya pada sambutan seraya menawarkan kesepakatan pada masyarakat selaku hadirin.

Sumber: Tim Dokumentasi Mahasiswa KKN 104

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline