Lihat ke Halaman Asli

KKN 103 UINSU

Mahasiswa KKN 103 Blankahan Langkat UINSU

Program Kerja Moderasi Beragama Melalui Khutbah Jum'at Oleh Ketua Kelompok KKN 103 Langkat "Mengukuhkan Moderasi Beragama"

Diperbarui: 14 Agustus 2024   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Khutbah Jum'at Dari Salah Satu Mahasiswa KKN 103 Langkat/dokpri

Kaum Muslimin yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita memanfaatkan momen yang mulia ini untuk bersama-sama merenungkan keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Dalam berbagai hadits shahih, Rasulullah mengajarkan betapa besar keutamaan dan manfaat dari membaca shalawat. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang empat keutamaan shalawat Nabi yang bisa menjadi pedoman bagi kita semua.

Keutamaan Shalawat Pertama: Wasilah Meraih Berkah

Shalawat merupakan cara bagi seorang Muslim untuk meraih keberkahan, pahala, martabat yang agung, dan maghfirah dari Allah subhanahu wa ta'ala. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barang siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah akan memberkatinya dengan sepuluh doa, dan akan dihapus sepuluh kesalahan darinya, dan ditinggikan sepuluh derajat untuknya." (HR. An-Nasa'i)

Dalam hadits lain, Ubay bin Kaab bertanya kepada Rasulullah tentang seberapa banyak ia harus bershalawat. Setelah berdialog, Rasulullah bersabda:

"Kalau begitu, kau dicukupkan dari dukamu dan dosamu diampuni." (HR. At-Tirmidzi)

Ini menunjukkan betapa shalawat adalah jalan untuk memperoleh rahmat dan keberkahan yang melimpah dari Allah.

Keutamaan Shalawat Kedua: Mendapat Kedudukan Tinggi dan Syafaat

Seorang Muslim yang sering bershalawat akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berhak mendapatkan syafaatnya. Sebagaimana sabda Rasulullah:

"Shalawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat, orang yang paling banyak bershalawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR. Al-Baihaqi)

Pentingnya Shalawat Kepada Nabi Muhammad saw./dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline