Lihat ke Halaman Asli

KKN 102 UINSU Bahas Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD

Diperbarui: 14 Agustus 2024   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Panitia

Langkat, Kompasiana Online -- Kelompok 102 KKN UIN SU melaksanakan pelatihan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD Simpang Buluh Duri, Desa Bekiung, Kec. Kuala, Kab. Langkat pada 14 Agustus 2024 yang diikuti oleh seluruh guru PAUD Ibu Serasi.

 Kegiatan ini diisi oleh Areza Syatifa dan Fatimah Nayla Zaskia Siregar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Areza menyampaikan bahwa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) penting dilakukan agar memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehari-hari.

"Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran penting untuk dilakukan dalam proses pembelajaran agar dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran lebih efektif dan efesien." Tuturnya.  

Lebih lanjut, Fatimah menambahkan bahwa terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun Rangcangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAUD.

"Dalam penyusunan RPP terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan seperti menentukan Tema, Sub Tema dan Sub Tema Inti sebelum pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, selanjutnya membuat metode pembelajaran, serta alur pembelajaran mulai dari pembukaan, kegiatan inti, sampai dengan penutup pembelajaran hingga evaluasi." Tambahnya.

Sari selaku guru PAUD yang mengikuti pelatihan turut menyampaikan dengan adanya pelatihan ini menjadi tambahan ilmu yang sebelumnya sudah ada terlupa jadi teringat kembali dan membantu untuk pembelajaran ke depannya.

"Alhamdulillah, dengan adanya pelatihan ini menambah ilmu yang sempat terlupa menjadi ingat kembali, dan pelatihannya lebih intens sehingga lebih mudah untuk dipahami serta membantu untuk ke pembelajaran ke depannya." Ucapnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline