Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Kelompok 9 Uinsu Mengadakan Pelatihan UMKM Pembuatan Sabun Cuci di Desa Lubuk Hulu

Diperbarui: 12 September 2023   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UMKM merupakan bagian dari perekonomian indonesia yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari tiga peranan UMKM terhadap perekonomian indonesia khususnya masyarakat desa,

UMKM masyarakat menjadi salah satu dari pendapatan pokok yang menjadi penonggak kehidupan masyarakat desa, selain dari pertanian, perkebunan dan peternakan.

Sebagai upaya mendukung perekonomian masyarakat desa mahasiswa KKN 09 UINSU 2023 telah melaksanakan kegiatan praktek pembuatan sabun cuci piring. Diselenggarakan di balai desa di Dusun Pekan Selasa Desa Lubuk Hulu Kecamatan Datuk Lima puluh Kabupaten Batubara.

Tujuan kegiatan tersebut yakni memberikan edukasi dan pemahaman bahwasanya UMKM sangat mampu untuk menjadi salah satu penonggak perekonomian masyarakat, sebagai contoh membuat sabun cuci piring secara mandiri dan dapat diperniagakan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu perwiritan, ibu-ibu PKK serta dihadiri oleh remaja  masjid didesa tersebut.Kegiatan tersebut dimulai dengan pengenalan bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring satu persatu disertai dengan fungsi nya, dilanjutkan dengan proses pembuatan sabun cuci piring yang dilakukan secara bergantian oleh masyarakat desa lubuk hulu kecamatan Datuk Lima puluh.

Setelah proses pembuatan selesai dilanjutkan dengan penjelasan bagaimana sabun cuci piring bisa menjadi peluang usaha untuk perekonomian masyarakat, dimulai dari modal, cara pengemasan, kemungkinan pendapatan hingga pemasaran.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa KKN 09 UINSU sebagai salah satu kontribusi positif bagi masyarakat di desa tersebut.

Mahasiswa KKN 09 UINSU berharap kegiatan dapat memberikan pemahaman dan dampak positif bagi perekonomian masyarakat desa Lubuk Hulu Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara.

Dampak dari kegiatan tersebut masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut memahami dan menyadari bahwa peluang dari UMKM terhadap perekonomian masyarakat cukup besar dan dapat menjadi salah satu pendapatan yang meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline