Lihat ke Halaman Asli

KKN KOLABORATIF KALIWINING 089

Mahasiswa KKN Kolaboratif #2

KKN Kolaboratif Jember 089: Mengenal UMKM di Desa Kaliwining

Diperbarui: 28 Juli 2023   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi: Survei UMKM Telur Asin di Desa Kaliwing (24/07/2023)

28/07/2023. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kategori usaha yang mencakup berbagai jenis usaha dengan skala kecil hingga menengah. 

UMKM biasanya memiliki jumlah karyawan yang terbatas dan aset tetap yang relatif kecil. Mereka berperan penting dalam ekonomi karena memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja, menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan menciptakan inovasi. 

UMKM seringkali dimiliki dan dijalankan oleh pemilik usaha lokal, beroperasi di tingkat lokal atau regional, dan beragam dalam sektor industri. Beberapa contoh UMKM yang terdapat di Desa Kaliwining meliputi telur asin, kerupuk kain pelangi, keripik singkong, kue soes, tempe, tempeh, cecek (kulit sapi), dan kerupuk telur asin.

Dari berbagai UMKM tersebut, kue soes merupakan salah satu UMKM yang sudah memiliki brand dan jangkauan pasarnya lebih luas. Nama dari kue soes ini adalah "Queen Soes" yang sudah berdiri sejak tahun 2019 dan selama 4 tahun terakhir. Produk ini telah memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga), dan Sertifikasi Halal yang menandakan bahwa Queen Soes telah berkembang pesat. Selain itu, Queen Soes memiliki inovasi produk dengan berbagai rasa, ukuran, dan desain kemasan yang menarik, serta penjualan yang dilakukan secara offline dan online melalui e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Tik Tok Shop. 

Oleh sebab itu, Queen Soes ini dapat dijadikan inspirasi bagi UMKM lain yang terdapat di Desa Kaliwining. Dengan adanya data dari narasumber tersebut, dapat digunakan sebagai bahan acuan guna melakukan branding bagi UMKM baru yang belum terbranding.

Dokumen Pribadi: Survei UMKM "Queen Soes" di Desa Kaliwining (28/07/2023)

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, dipilih salah satu UMKM yang memerlukan branding guna mengoptimalkan penjualan. Adapun program kerja kelompok KKN 089 bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan promosi penjualan dari UMKM desa terutama UMKM yang didampingi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan inovasi mengenai nama merek, logo, membantu mendaftarkan ke desa, dan dinas koprasi dll.

Mahasiswa KKN Kolaborasi 089 turut membantu dalam hal dokumentasi kegiatan mulai tanggal 17-22 Juli 2023. Dokumentasi kegiatan tersebut  di upload  melalui akun YouTube KKN 089 Kaliwining yang bisa diakses melalui: 

Instagram: https://instagram.com/kkn089_kaliwining?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

Youtube: https://youtube.com/@KKNKolaboratif089Kaliwining

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline