Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 069, Partisipasi Mahasiswa Dalam Rapat Triwulan Rumah Desa Sehat (RDS)

Diperbarui: 6 Agustus 2023   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok KKNK 069

Senin, 17 Juli 2023, Kelompok 069 KKN Kolaboratif diterjunkan oleh pemerintah daerah untuk masa pengabdian di desa Kemuningsari Kidul selama 40 hari. KKN Kolaboratif merupakan program pemerintah Kabupaten Jember dengan berkerja sama dan melibatkan semua universitas yang berada didaerah kabupaten jember. KKN Kolaboratif 069 Desa Kemuningsari Kidul terdiri dari gabungan 5 universitas, antara lain Universitas Jember, Universitas Islam jember, Institut Teknologi & Sains Mandala, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember, dan Universitas PGRI Argopuro

Desa Kemuningsari Kidul adalah salah satu desa yang dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan KKN Kolaboratif 2023. Desa kemuningsari kidul ini dipimpin oleh Hj. Dewi Kholifah selaku Kepala Desa Kemuningsari Kidul. 

KKN kolaboratif telah diadakan ke dua kalinya di Desa Kemuningsari Kidul. Desa ini memiliki tingkat kesehatan anak dan ibu hamil yang cukup baik, tetapi masih ada beberapa anak yang mengalami stunting dan ibu hamil yang membutuhkan penanganan khusus untuk mencegah stunting sedini mungkin. Adapun program-program yang dirancang oleh KKN Kolaboratif tahun 2023 adalah Stunting, Buta Aksara, AKI AKB, dan Kemiskinan Ekstrim. KKN Kolaboratif 069 lebih berfokus pada program utama yaitu Stunting yang ada di Desa Kemuningsari Kidul. 

Dok KKNK 069

Jum’at, 21 Juli 2023, mahasiswa KKN-K 069 Desa Kemuningsari Kidul membantu dan berpartisipasi dalam Rapat Triwulan Rumah Desa Sehat Untuk program pencegahan stunting dan pemberdayaan masyarakat di awal bulan Agustus tepatnya mulai tanggal 1 Agustus 2023. Rumah Desa Sehat sendiri merupakan penggiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan desa dalam bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi bagi masyarakat mengenai ruang lingkup kesehatan. 

Program Kerja yang disusun dalam rapat tersebut meliputi : 

  1. Pemberian Asupan buah-buahan dan makanan kreatif pada Balita

  2. Lomba peningkatan interaksi antara anak dan ibu

  3. Pemberdayaan Ibu Hamil secara rutin dan eksklusif pada ibu hamil dan balita stunting

Mahasiswa KKN-K 069 berperan membantu dan ikut serta dalam menjalankan acara tersebut. Mahasiswa KKNK 069 memfasilitasi secara tenaga dan pemikiran yang dibutuhkan dalam rapat Triwulan Rumah Desa Sehat .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline