Lihat ke Halaman Asli

KKNT 8 Desa Pulau Sewangi

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UM Banjarmasin Melakukan Pembuatan Website Profil Desa Pulau Sewangi

Diperbarui: 13 Maret 2024   05:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UM Banjarmasin Melakukan Pembuatan Website Profil Desa Pulau Sewangi/dokpri

Pada hari Jum'at (07/03/24), diadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk kegiatan pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang merupakan mata kuliah wajib. Program Kerja Individu yang dilakukan oleh Muhammad Ridho Hijriawan Kelompok 4 KKN 8 Tematik Stunting, kegiatan ini berlangsung di Desa Pulau Sewangi, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan tindakan sukarela individu atau kelompok dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat, seperti memberikan penyuluhan, pelayanan kesehatan, atau terlibat dalam proyek lingkungan. Kuliah Kerja Nyata yang di selenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMBJM) yang bertemakan Stunting yang tujuannya untuk membantu melakukan pendampingan kepada keluarga berisiko stunting, TPK, Perangkat desa dan masyarakat sebagai promotor pencegah dan deteksi dini stunting pada kali ini KKN dilakukan selama 33 hari yang dimulai pada tanggal 07 Februari 2024 sampai dengan tanggal 11 Maret 2024.

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UM Banjarmasin Melakukan Pembuatan Website Profil Desa Pulau Sewangi/dokpri

Desa Pulau Sewangi berlokasi di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, belum memiliki sebuah website dan media informasi hanya berupa media sosial seperti Instagram. Hal tersebut mengakibatkan Pulau Sewangi tidak terlihat di mata masyarakat umum dan tidak ada yang tahu apa saja keistimewaan Desa Pulau Sewangi.

Selain itu pemerintah desa juga hanya sering membagikan kegiatannya di Instagram Sehingga warga local maupun orang luar banyak yang tidak mengetahui profil Desa Pulau Sewangi secara umum. Maka dari itu untuk membantu pemerintah Pulau Sewangi dalam rangka penyebaran informasi dan promosi desa serta untuk memperkuat infrastruktur teknologi informasi Desa Pulau Sewangi, maka saya berniat membuat sebuah website profil Desa Pulau Sewangi.

Website dibangun menggunakan platform populer wordpress karena lebih mudah dikelola. Website ini memiliki fitur profil desa (stuktur desa, sejarah dan visi-misi), berita, produk desa, dan kontak kami serta di halaman website terdapat ikon sosial media desa yang dapat di follow oleh masyarakat. Saat ini website dapat diakses oleh masyarakat luas melalui link Website Desa Pulau Sewangi.

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UM Banjarmasin Melakukan Pembuatan Website Profil Desa Pulau Sewangi/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline