Lihat ke Halaman Asli

KKN 02 Universitas Jember

Kelompok Mahasiswa

Kelompok 02 KKN-T Universitas Jember Berkolaborasi dengan Masyarakat untuk Membuat Produk dari Potensi Lingkungan

Diperbarui: 8 Februari 2023   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dawuhanmangli, Jember (08/02/2023) - Potensi desa dapat diartikan sebagai segala sumber daya baik alam maupun manusia yang terdapat di desa, yang mana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa.

Setelah beberapa minggu berada di Desa Dawuhanmangli, mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 02 KKN-T Universitas Jember melihat adanya potensi yang belum dikembangkan untuk menjadi produk layak jual. Dalam hal ini mahasiswa melihat bahwasannya rambutan di desa ini sangatlah mudah untuk didapatkan. Tidak hanya rambutan, mahasiswa juga melihat industri tempe yang ada di Desa Dawuhanmangli masih bisa dikembangkan menjadi produk lanjutan yang dapat meningkatkan margin penjualan.

Atas dasar hal tersebut, mahasiswa berkolaborasi dengan para masyarakat atau dalam hal ini adalah para ibu-ibu di desa untuk mengolah buah rambutan menjadi sebuah produk puding. Produk ini menawarkan cita rasa manis khas rambutan dan dengan balutan vla yang mampu memperkaya cita rasa puding rambutan. Sedangkan untuk tempe, tempe diolah menjadi keripik tempe yang memiliki cita rasa khas dengan parutan daun jeruk.

Produk-produk olahan tersebut tidak akan memiliki posisi yang kuat jika tanpa adanya kemasan yang menarik. Maka dari itu, mahasiswa tidak hanya sekadar membuat olahan saja, tetapi juga membuat kemasan produk yang menjual.

Besar harapan mahasiswa agar pengolahan produk makanan ini dapat diteruskan oleh masyarakat desa terkhususnya para ibu-ibu. Sehingga hal ini bisa menjadi tambahan penghasilan bagi rumah tangga di Desa Dawuhanmangli.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline