Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 005 Kepanjen: Kegiatan Pengembangan Literasi Bersama Adik-Adik PAUD dan TK Al Hikmah

Diperbarui: 12 Agustus 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi (adik-adik sedang mengecap motif bunga dengan pelepah pisang didampingi oleh kakak-kakak mahasiswa)

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah serta memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi penting diterapkan pada anak usia dini sebagai pondasi yang harus dibangun dan dibiasakan supaya anak dapat memperluas wawasan dan memperoleh informasi baru. KKN Kolaboratif 2 kelompok 005 telah menyusun beberapa program kerja salah satunya pengembangan literasi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023 bertempat di PAUD dan TK AL HIKMAH serta diikuti kurang lebih 60 siswa.

Kegiatan pengembangan literasi dihari pertama berupa mengecap motif dengan pelepah pisang yang dilaksanakan pada pagi hari. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama selanjutnya semua siswa masuk ke kelas masing-masing untuk mendapatkan arahan dari mahasiswa KKN. Adik-adik PAUD dan TK dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana 1 kelompok beranggotakan 5 anak. Selanjutnya, mereka akan mengecap dilembar kertas HVS yang sudah disediakan. Terdapat beberapa warna cat seperti merah, biru, hijau dan kuning yang dapat digunakan untuk membuat pola. Mereka bebas memilih warna yang disukainya. Proses mengecap yaitu mengambil pelepah pisang, kemudian celupkan ke salah satu warna lalu tempel dikertas ulangi hingga membentuk motif bunga. Jika sudah selesai lembar kertas tersebut akan dikumpulkan. Tujuan pelaksanaan mengecap bermedia pelepah pisang adalah untuk melatih kemampuan kognitif siswa.

Dok Pribadi (adik-adik sedang meniru gerakan salat yang diperagakan oleh kakak mahasiswa)

Pelaksanaan pengembangan literasi di hari kedua pada tanggal 28 Juli 2023 dengan agenda praktik wudhu dan salat Subuh. Tujuannya, mengenalkan kepada siswa PAUD dan TK AL HIKMAH supaya terbiasa dengan gerakan-gerakan wudhu dan salat mulai sejak dini. Pembiasaan berwudhu merupakan salah satu kegiatan penting dalam meningkatkan nilai-nilai moral dan agama Islam, karena wudhu adalah syarat utama dalam melakukan kegiatan ibadah lainnya seperti sebelum mengaji dan sebelum melakukan salat. Di hari sebelumnya adik-adik PAUD dan TK AL HIKMAH dihimbau membawa alat salat seperti mukena, sajadah, dan songkok.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembiasaan membaca asmaul husna dan sholawat nabi. Dilanjutkan memasuki kelas dan berbaris membentuk shaf. Adik-adik PAUD dan TK diajak untuk meniru gerakan wudhu dan salat yang diperagakan oleh mahasiswa KKN yang ada di depan. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah berupa snack kepada mereka yang berhasil menjawab dan memperagakan materi wudhu dan salat yang sudah dijelaskan diawal.

Dok Pribadi (foto bersama ibu kepala sekolah, ibu guru serta adik-adik PAUD dan TK AL HIKMAH)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline