Lihat ke Halaman Asli

Divisi Tata Kelola Publik KKN P 31 Umsida Lakukan Pendampingan Mengelola Administrasi Kependudukan di Balai Desa Kesiman

Diperbarui: 10 Februari 2023   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN adalah suatu bentuk Pendidikan berbasis praktek yang memberikan pengalaman belajar mahasiswa, dimana mahasiswa akan terjun langsung mengabdi kepada masyarakat untuk mengembangkan teori serta kemampuan yang didapat selama perkuliahan. Dengan adanya KKN ini diharapkan mahasiswa mampu menanamkan nilai kepribadian, toleransi, kebersamaan serta rasa tanggung jawab. Dalam kegiatan pengabdian ini beberapa mahasiswa KKN dari kelompok 31 Umsida, dari divisi Tata Kelola Publik (TKP) mengabdiakan dirinya untuk membantu pengelolaan administrasi kependudukan di balai desa Kesiman yan dimulai pada hari Senin (23/1/2023) hingga Rabu (8/2/2023). Namun, kegiatan ini hanya dilakukan pada hari Senin hingga Rabu saja, sehingga sisa hari yang kami punya dalam sepekan, kami gunakan untuk membantu beberapa program kerja kelompok yang diunggulkan, diantaranya program kerja Sapta Pesona yang menjadi tema utama dalam KKN-P 2023 ini.

Seperti contohnya balai desa -- dimana pada balai desa Kesiman ini, terdapat banyak sekali jenis administrasi kependudukan, antara lain pembuatan surat keterangan domisili, pembuatan kartu keluarga, pembuatan KTP, pembuatan akta kelahiran dan/serta kematian, dan lain sebagainya. Kegiatan kami hari ini yakni memenuhi permintaan dari salah satu jajaran pengurus desa untuk membuatkan infografis syarat pembuatan beberapa dokumen kependudukan (contohnya seperti surat nikah, surat keterangan domisili, KTP, dan lain sebagainya sebagaimana yang sudah kami sebutkan diatas) agar memudahkan warga untuk mengetahui serta mengumpulkan syarat-syarat pembuatan dokumen administrasi kependudukan.

Disamping itu kami juga turut serta dalam membantu staff administrasi keuangan di balai desa Kesiman dalam bidang pengelolaan serta pengeluaran kas desa. Serta membantu dalam beberapa hal teknis seperti pembukuan, percetakan, dan lain sebagainya. Sehingga, salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan ini, serta ekspetasi untuk kami turut serta membantu, adalah untuk ikut memberikan pemahaman serta kontribusi tentang pentingnya tata kelola publik yang baik dan efektif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Penulis : Farah Khoirunnisa

Diedit Oleh Tim Jurnalistik KKN-P Kelompok 31




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline