Lihat ke Halaman Asli

KKNK052 Silo

Mahasiswa

Pemanfaatan Ampas Singkong Menjadi Tepung yang Dibuat Kerupuk oleh Ridho Susi

Diperbarui: 13 Agustus 2024   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 PDD KKN-K 052

KKN KOLABORASI 052 - Ridho Susi merupakan produksi makanan keripik singkong di dusun Kebun Langsep, desa Silo, kecamatan Silo, Jember. Sebagai produksi keripik yang sudah cukup dikenal, Ridho Susi tidak hanya membuat satu produk makanan saja yaitu keripik singkong melainkan juga seperti otok pedas manis, kedelai original, keripik pisang dan juga kerupuk.

Satu hal menarik dari produksi kerupuk di Ridho Susi yaitu dimana pembuatan bahan dasarnya itu tepung yang diambil dan dibuat sendiri dari ampas singkong pada produksi keripik singkong. Tidak dibiarkan dan dibuang begitu saja akan tetapi oleh Ridho Susi diolah kembali dan menjadikan hasil olahan tersebut sebuah produk baru yaitu kerupuk.

Tidak hanya digunakan untuk bahan dasar kerupuk, tepung hasil olahan dari ampas singkong ini juga bisa digunakan pada makanan khas tradisional seperti ­Jenang yang biasanya ramai dibuat pada bulan Shafar tahun Hijriah.

Keripik Ridho Susi sudah mendapat hak izin produksi dan terdaftar pada PIRT. Tidak hanya keripik singkong yang rekomendasi dibeli juga ada otok pedas manis, kedelai goreng original dan juga keripik talas dan pisang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline