Lihat ke Halaman Asli

KKN Umbjm

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Edukasi Tentang Pentingnya PHBS dan Jamban Sehat untuk Cegah Stunting

Diperbarui: 9 September 2023   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Selasa, 08 Agustus 2023, Kegiatan ini berlangsung di SDN Simpang Warga 1, di Desa Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh-aluh, tepatnya di Kelas 3 sebanyak 22 murid pada jam 10.00-11.45 wita.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Promosi kesehatan berperan penting dalam mencegah penyakit. Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) termasuk menjaga kebersihan jamban atau toilet sangat penting. Jamban merupakan fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit. Penggunaan jamban tidak hanya nyaman melainkan juga turut melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat.  Ini membantu mencegah penyebaran penyakit dan menjaga lingkungan tetap bersih.  Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet untuk menjaga kesehatan pribadi dan mencegah penularan penyakit.

Dok. pribadi

Penyuluhan tentang PHBS dan Jamban Sehat yang diisi oleh Salsabilla Zulfa yang merupakan salah satu mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk Mencegah penyebaran penyakit infeksi yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan patogen serta menjaga kesehatan individu serta masyarakat dengan mengadopsi perilaku hidup bersih dan sehat, dan Meningkatkan kesadaran individu dan masyarakat tentang dampak positif dari PHBS dan penggunaan jamban sehat.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline