Lihat ke Halaman Asli

KKM Sanankerto 156 Turen 2023

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Khotmil Qur'an sebagai Simbolis Penutupan KKM UIN Malang Desa Sanankerto

Diperbarui: 29 Januari 2024   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Rabu, 24 Januari 2024. Mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) menyelenggarakan acara Khataman di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. 

Acara ini melibatkan tiga kelompok mahasiswa dan berlangsung di Masjid Fathul Huda Desa Sanankerto. Acara Khataman dibagi menjadi dua sesi. 

Sesi pertama dimulai pada pukul 09:00, dengan mahasiswa KKM secara bersama-sama membaca Al-Quran mulai dari juz 1 hingga juz 29. Sesi berikutnya, yang dianggap sebagai acara utama, diadakan pada sore hari.

Sesi kedua dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa KKM UIN Malang, tetapi juga dihadiri oleh pejabat masjid dan warga sekitar. Acara dimulai dengan pembacaan Al-Quran juz 30 oleh mahasiswa KKM, dilanjutkan dengan doa khotmil Quran yang dipimpin oleh Bapak Huda, Takmir Masjid. 

Selanjutnya, seorang perwakilan mahasiswa KKM memberikan sambutan sebagai tanda simbolis terima kasih dan perpisahan secara tidak langsung. Acara dilanjutkan dengan tahlil, juga dipimpin oleh Bapak Huda.

Dokumentasi Pribadi

Sebelum doa penutup, Bapak Huda memberikan sedikit "sangu" kepada mahasiswa KKM terkait amalan bulan Rajab.   "Saya gak kasih sangu uang, saya kasih sangu amalan saja, biar ada oleh-oleh dari Sanankerto", ujar Pak Huda. 

Beliau berharap pengetahuan yang dibagikan dapat bermanfaat dan menjadi amal jariyah anatinya. Acara Khataman ini menandai kegiatan terakhir bagi mahasiswa KKM UIN Malang selama periode pengabdian mereka di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen.

Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline