Lihat ke Halaman Asli

KKM Sanankerto 156 Turen 2023

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Asik Belajar Bersama Murid SDN 1 Sanankerto

Diperbarui: 24 Januari 2024   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) yang bertempat di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang yang terdiri dari tiga kelompok dalam satu desa. Mahasiswa KKM turut membantu mengajar di SDN 1 Sanankerto. Kegiatan belajar mengajar ini dimulai pada tanggal 8 Januari 2024 yang dilaksanakan setiap hari Senin hingga Sabtu selama dua minggu. Pada hari Senin-Jum'at berfokus pada mata pelajaran matematika, IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), dan seni rupa. Sedangkan pada hari Sabtu, berfokus untuk mendampingi siswa dan siswi mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Anggota KKM Sanankerto membentuk kelompok mengajar dan mendapatkan jadwal mengajar secara bergantian. Tentunya mereka menciptakan suasana pembelajaran yang asik dan menyenangkan seperti membuat game edukatif selama kegiatan pembelajaran. Hal ini bertujuan agar para siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Sanankerto berfokus pada kelas 4 untuk mata pelajaran IPAS, kelas 5 untuk mata pelajaran Matematika dan Seni Rupa untuk kelas 1 sampai 3. Pembelajaran di SDN 1 Sanankerto belum sepenuhnya menggunakan kurikulum meredeka. Terdapat beberapa kelas yang masih menggunakan kurikulum 2013, salah satunya yaitu kelas 6.

Setiap harinya di SDN 1 Sanankerto melakukan pembiasaaan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dikelas. Pada hari Senin dilaksanakan upacara bendera, hari Selasa-Kamis diadakan pembacaan asmaul husna dilanjutkan dengan doa bersama. Kegiatan sholat dhuha berjamaah serta istighosah dilaksanakan setiap hari Jum'at dan kegiatan senam dilakukan pada hari Sabtu. Selain itu, disetiap kelas memiliki pojok baca yang mana bertujuan meningkatkan minat baca siswa serta meningkatkan keterampilan membaca pada siswa.

 " Saya senang mengajar di SDN 1 Sanankerto, hanya saja terkadang terbawa emosi karena sulit diatur", ujar Zilyanadelia  salah satu anggota KKM Sanankerto. Kami dierima dengan baik oleh pihak SDN 1 Sanankerto. Selain itu, siswa dan siswi sangat antusias untuk diajar oleh para kakak-kakak dari KKM Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline