Lihat ke Halaman Asli

ARYASATYA

UIN Maulan Malik Ibrahim Malang

Keikutsertaan Mahasiswa KKM 19 dalam Peningkatan Kualitas Mengaji Santri di TPQ Al-Ikhlas 1

Diperbarui: 31 Januari 2024   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Belajar Mengajar di TPQ Al-Ikhlas 1 (Foto: Dokpri)

            Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA atau TPQ) merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan nonformal berbentuk kegiatan keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar agama Islam pada anak. TPQ dianggap sebagai lembaga pendidikan awal berbasis agama untuk anak, sehingga memiliki peran yang sangat krusial untuk perkembangan ilmu agama pada anak.

Dengan kesadaran itu mahasiswa KKM kelompok 19 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang turut andil berkontribusi dalam kegiatan belajar mengajar TPQ yang ada di Dusun Dempok Desa Gading Kembar. Terdapat dua TPQ yang aktif di Dusun Dempok, yaitu TPQ Al-Ikhlas 1 dan TPQ Al-Ikhlas 2. Keduanya berada dibawah naungan Yayasan Al-Ikhlas. Perbedaan kedua TPQ ini terletak pada metode yang digunakan dalam belajar mengajar Al-Qur'an. TPQ Al-Ikhlas 1 menggunakan metode Iqro', sedangkan TPQ Al-Ikhlas 2 menggunakan metode Qiroati. Ustadz dan ustadzah yang mengajar di TPQ Al-Ikhlas 2 memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan Qiroati.

Anggota KKM kelompok 19 turut aktif dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Iqro' di TPQ Al-Ikhlas 1. Terdapat kurang lebih 35 santri yang mengaji di TPQ Al-Ikhlas 1, dan terdapat 2 ustadz yang menjadi pengajar tetap di TPQ. Keterlibatan kami dalam kegiatan belajar mengajar ini setidaknya dapat membantu meringankan tugas mereka. Kami membantu mengenalkan huruf hijaiyah dan mengajar Al-Qur'an dengan metode Iqra' dan memperhatikan makharijul huruf dan ketepatan tajwidnya. Kendala yang kami alami selama mengajar di TPQ Al-Ikhlas yaitu santri yang masih berusia 4 hingga 10 tahun fokusnya sering teralihkan dan tidak fokus pada bacaan. Hal ini membuat kami untuk mencari metode mengajar yang tepat dan dapat diaplikasikan sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

Kegiatan belajar mengajar di TPQ Al-Ikhlas dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin sampai Sabtu, pukul 16.30 sampai dengan 17.00. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. Adapun keikutsertaan mahasiswa KKM kelompok 19 dalam kegiatan belajar mengajar TPQ memiliki tujuan utama yaitu sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang telah didapat dan diajarkan kepada santri TPQ. Pada kesempatan kali ini juga mahasiswa KKM memberikan metode yang berbeda, seperti memasukkan sedikit fun games dalam proses belajar mengajar dengan tujuan supaya selama proses belajar santri tidak merasa bosan dan jenuh.

Dengan partisipasi mahasiswa KKM kelompok 19 UIN Malang dalam kegiatan belajar mengajar di TPQ diharapkan dapat menambah semangat santri TPQ dalam mengaji dan memperbaiki kualitas bacaan mereka. Metode yang telah kami terapkan dapat terus digunakan, agar para santri dapat menyerap ilmu dengan lebih cepat. Semoga kegiatan ini bermanfaat tidak hanya untuk peningkatan kualitas TPQ Al-Ikhlas, namun juga membawa manfaat dan berkah untuk semua anggota KKM kelompok 19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline