Lihat ke Halaman Asli

ARYASATYA

UIN Maulan Malik Ibrahim Malang

Peduli Kesehatan: Dinas Kesehatan Desa Gading Kembar Berkolaborasi Dengan Mahasiswa KKM Dalam Posyandu Lansia

Diperbarui: 20 Januari 2024   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Posyandu Lansia (Foto : Dokpri)

            Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya bagi warga lanjut usia, Dinas Kesehatan Desa Gading Kembar mengajak mahasiswa KKM UIN Malang untuk berkolaborasi dalam membantu posyandu lansia. Posyandu lansia merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebulan sekali. Tujuan dari pelaksanaan posyandu lansia yaitu untuk meningkatkan kesadaran lansia untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik maupun kesahatan psikologis.

            Posyandu lansia ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 04 Januari 2024 hingga 09 Januari 2024. Tempat pelaksanaannya dibagi menjadi 5 pos yang tersebar di Dusun Dempok, Gading, Gasek Kulon, dan Gasek Wetan. Posyandu lansia ini dimulai dari jam 08.00 hingga jam 11.00 WIB. Peserta posyandu lansia adalah pra lansia (45-59 tahun), lansia (60 tahun ke atas), dan lansia dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas). Selama 5 hari posyandu lansia dilaksanakan, jumlah peserta yang hadir lebih dari 100 orang.

            Kegiatan yang dilaksanakan dalam posyandu lansia yaitu pengukuran IMT, berupa pengukuran berat badan dan tinggi badan. Pengukuran IMT bagi lansia dilakukan untuk memantau status gizi yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan. Selain pengukuran IMT, kegiatan yang terdapat dalam posyandu lansia yaitu pengecekan tekanan darah dan gula darah. Semua kegiatan tersebut dilakukan tanpa adanya pungutan biaya atau gratis. Posyandu lansia ini sebagai bentuk skrining kesehatan bagi para lansia, agar mereka dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka. Apabila dari hasil pengukuran IMT, pengecekan tekanan darah dan gula darah menunjukkan hasil yang berada di atas atau di bawah nilai normal, maka akan ditindaklanjuti. Mereka akan diberikan arahan agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut agar kondisi kesehatannya kembali normal.

            Berdasarkan dari hasil skrining kesehatan dari posyandu lansia Desa Gading Kembar, menunjukkan hasil yang baik. Di mana sebagian besar hasil tes pengecakan tekanan darah dan gula darah menunjukkan nilai yang normal. Kami juga melakukan sosialisasi singkat kepada mereka terkait diabetes mellitus dan hipertensi serta pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tersebut. Dinas Kesahatan Desa Gading Kembar bersama dengan divisi kesehatan kelompok KKM 19, 20, dan 21 bersama-sama mengedukasi para lansia untuk hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

            Selain melakukan skrining kesehatan dan sosialisasi, juga terdapat konsultasi terkait penyakit yang dialami oleh para lansia. Mereka dapat menyampaikan keluhan apa saja terkait penyakit yang sedang dialami. Jika penyakit yang dialami masih dalam kategori yang ringan, maka akan diberikan obat yang telah disediakan oleh dinas kesehatan. Namun jika penyakit yang dialami berada dalam kategori yang berat dan butuh penanganan lebih lanjut, maka akan diarahkan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

            Program posyandu lansia ini dapat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan para lansia, di mana semakin bertambah umur daya tahan tubuh juga akan semakin menurun dan rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, dengan adanya program ini setidaknya sudah sedikit membantu mereka untuk mengetahui tingkat gula darah dan tekanan darah secara gratis. Kegiatan ini juga dapat mencegah dan mengurangi jumlah lansia yang terkena penyakit hipertensi dan diabetes mellitus. Diharapkan para lansia khususnya di Desa Gading Kembar dapat menerapkan pola hidup sehat dan memiliki kesadaran akan pentingnya melakukan cek kesehatan secara berkala.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline