Lihat ke Halaman Asli

ARYASATYA

UIN Maulan Malik Ibrahim Malang

KKM 19 Berpartisipasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar SDN 01 Gading Kembar

Diperbarui: 20 Januari 2024   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru & Murid SDN 01 Gading Kembar (Foto: Dokpri)

           Mengawali semester genap tahun ajaran 2023/2024, Mahasiswa KKM 19 ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 01 Gading Kembar. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran akan pentingnya pendidikan. SDN 01 Gading Kembar merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang cukup besar dengan jumlah murid dari kelas 1 hingga kelas 6 kurang lebih 100 orang.

            Pada tanggal 02 Januari 2024 kami menemui kepala sekolah untuk meminta ijin dan menyerahkan surat tugas. Kami disambut baik oleh kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut. Besar harapan mereka agar kami dapat menyumbangkan ilmu dan memberikan dampak yang positif bagi siswa-siwi SDN 01 Gading Kembar. Kami juga menyampaikan program kerja yang telah disusun untuk membantu kegiatan belajar mengajar di SDN 01 Gading Kembar. Kepala sekolah pun menyetujui dan memberikan beberapa saran terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh kami selama melaksanakan program kerja di sekolah tersebut.

            Setelah berdiskusi, kami diberikan kesempatan untuk mengajar di kelas 2,4, dan 5 di hari senin, selasa, dan rabu. Kami pun memasuki kelas untuk melakukan perkenalan dengan para siswa di kelas tersebut dan memulai pembelajaran di hari pertama semester genap tahun ajaran 2023/2024. Mereka sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Mahasiwa KKM 19 menggunakan berbagai metode dan media belajar yang menarik agar kegiatan belajar mengajar tidak monoton dan lebih menyenangkan. Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, kami berkolaborasi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa-siswi SDN 01 Gading Kembar.

            Sejalan dengan kurikulum merdeka yang diterapkan di SDN 01 Gading Kembar, kami mendapatkan kebebasan dari pihak sekolah untuk menggunakan berbagai metode dan media ajar. Kebebasan yang diberikan bertujuan untuk membentuk pembelajaran yang berkualits serta sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar siswa. Oleh karena itu, kami berusaha untuk menciptakan metode belajar yang baru namun tetap sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut. Salah satu contohnya adalah setiap selesai menerangkan materi kami melakukan fun games, seperti tebak kata yang terkait dengan materi yang telah dijelasakan sebelumnya. Fun games ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman para siswa terhadap materi yang telah dijelaskan.

            Setelah menerapkan metode belajar ini selama 3 minggu, kami melihat respon yang positif dari siswa-siswi SDN 01 Gading Kembar. Mereka lebih aktif bertanya, menjawab, dan berdiskusi dengan kami. Fun games yang dimainkan juga mampu meningkatkan pemahaman para siswa. Mereka lebih semangat untuk mengingat materi yang telah dijelaskan sebelumnya sebagai persiapan untuk bermain fun games. Kami sangat senang melihat respon yang ditunjukkan oleh mereka. Hal ini menunjukkan bahwa metode yang kami terapkan mampu membuat para siswa memahami materi lebih cepat. Kami berharap metode ini dapat terus diterapkan di SDN 01 Gading Kembar agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

            Program kerja ini tidak hanya memberikan manfaat bagi SDN 01 Gading Kembar, namun juga memberi manfaat bagi kami mahasiswa. Program ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi kami. Kami juga sangat senang karena dapat menyumbang sedikit ilmu yang kami miliki untuk mereka. Tak lupa pula kami memotivasi mereka untuk tetap semangat menuntut ilmu setinggi-tingginya agar mereka dapat mencapai impiannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline