Lihat ke Halaman Asli

Antusiasiasi Anak-anak Dusun Cisitu Desa Citamiang Mengikuti Kegiatan Pojok Baca di Posko KKM Kel 15

Diperbarui: 30 Agustus 2023   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pojok Baca di Posko KKM Kel 15 Desa Citamiang, Kecamtan Puarabaya (Dok. pribadi)

Gerakan Literasi merupakan gerakan yang bertujuan untuk memupuk kebiasaan dan motivasi membaca siswa agar mampu menumbuhkan budi pekerti. Pada dasarnya membaca merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai macam informasi yang ada. Pengetahuan didapatkan dari hasil membaca baik membaca buku, artikel, internet, dan lain sebagainya maka dari itu keterampilan membaca menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan menjadi budaya, setiap orang harus memiliki kebutuhan penguasaan literasi  untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mewujudkan impian.

Dalam hal ini sekolah dan keluarga sangat berperan untuk meningkatkan minat baca siswa, akan tetapi dari hasil survei yang telah kami lakukan kebanyakan anak-anak disini tidak dibimbing dan diperhatikan dari aspek pengetahuan baik agama maupun pengetahuan sosialnya di karenakan hampir 85% warga Citamiang khususnya di Kp. Cisitu banyak anak yang ditinggal orang tuanya menjadi TKI ke Arab Saudi sehingga banyak anak yang kekurangan kasih sayang orang tuanya.

Kami selaku mahasiswa KKM Tematik Literasi STKIP Bina Mutiara Sukabumi yang di tempatkan di Desa Citamiang Khususnya di Dusun Cisitu membantu sekolah dan masyarakat untuk mengembangkan minat baca siswa dengan membuat program Pojok Baca yang berada di salah satu ruang di Posko kami. Kami menyediakan buku bacaan, komik, iqro, kamus bahasa inggris. Didalam program pojok baca ini tidak hanya menyadiakan buku baca saja kami juga mengajarkan anak- anak bagaimana cara membaca, mengatur nada, dan gestur ketika membaca puisi.

Pojok Baca yang kami laksanakan ternyata sangat disambut antusias oleh anak-anak yang ada dikampung cisitu bahkan ada anak-anak yang tempat tinggalnya jauh dari posko kami, hal itu membuat posko kami penuh dan bahkan ada beberapa anak yang tidak kebagian tempat duduk, sehingga kami memutuskan untuk membagi dua rombel. Dengan memisahkan siswa kelas rendah dan kelas tinggi.

Kegiatan pojok baca siswa kelas rendah (1, 2, 3) (Dok. pribadi)

Adapun siswa kelas rendah yaitu siswa kelas 1, 2, dan 3 dibimbing langsung oleh Mahasiswa PGSD yaitu ada Munirah, Raras, Ayu nadila, dan Salma, dengan diajarkan membaca dari mulai baca cerita, puisi, dongeng dan lain sebagainya. Siswa-siswi ini ternyata begitu aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan kami juga selaku Mahasiswa merasa senang dan merasa sukses dalam pelaksanaan kegiatan Pojok Baca ini, padahal baru hari pertama.

Sedangkan rombel kedua yaitu siswa yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6 dibimbing langsung oleh Mahasiswa PBI yaitu oleh Siti Maslahat, Siti Fatimah Zahro dan Anisa Nevril. Anak-anak kelas atas ini diajarkan beberapa kosa kata dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan sehari-hari guna memperlancar bahasa Inggris mereka bagi yang sudah mengenal bahasa Inggris dan memperkenalkan bahasa Inggris bagi yang belum begitu mengenal bahasa Inggris. Ternyata anak-anak begitu antusias dan suka ketika belajar bahasa Inggris. Alhasil kami juga sering mengadakan kuis berhadiah guna meningkatkan kembali semangat mereka dalam belajar dan mengkuti kegiatan pojok baca.

Antusiasnya anak-anak Dusun Cisitu Desa Citamiang dalam kegiatan pojok baca (Dok. pribadi)

Dalam pelaksanaannya kami menggunakan metode pengajaran yang berbeda-beda, kadang diberikan cerita atau dongeng dalam bahasa Inggris, baik itu kami yang bercerirta atau anak-anak yang mencoba membaca ceritanya lalu diartikan sedikit demi sedikit agar menambah pengetahuan kosa kata mereka dalam bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu ternyata antusiasa anak-anak masih tetap sama, jumalah anak yang datang ke Posko tidak berkurang, malah menambah, hal ini hampir membuat kami para Mahasiswa kebingungan karena keteteran tempat mengajar. Akhirnya kami menggunakan ruangan keluarga, ruang tamu, ruangan luar sebelah kanan dan ruangan luar sebelah kiri serta ruangan luar tengah, hingga Posko kami penuh dengan anak-anak Dusun Cisitu yang melaksanakan kegiatan Pojok Baca.

Kegiatan Pojok Baca di Posko KKM Kel 15 Desa Citamiang, Kecamtan Puarabaya (Dok. pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline