Lihat ke Halaman Asli

KKM 42 UIN Malang Salurkan Bantuan Sosial pada Korban Kebakaran di Desa Bunut Wetan

Diperbarui: 29 Desember 2022   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 42, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang gelar aksi peduli sosial berupa penyaluran bantuan pada korban kebakaran di desa tempat mereka mengabdi. Bantuan diserahkan langsung ke rumah pak Nawawi di Desa Bunut Wetan Kec. Pakis Kab. Malang, Selasa (27/12/2022). 

Pak Nawawi merupakan pemilik rumah yang terbakar pada hari Jum'at (23/12/2022). Kedatangan anggota kelompok 42 disambut langsung oleh pak Nawawi, kebetulan beliau sedang sendiri di rumah karena sang istri sedang bekerja. Anggota kelompok 42 pun dipersilahkan masuk ke rumah dan melihat bagaimana keadaan rumah setelah terbakar. Ketika masuk rumah terlihat beberapa bekas kebakaran dan atap yang sementara hanya ditutupi dengan terpal. Pak Nawawi pun bercerita tentang apa yang sebenarnya terjadi pada rumahnya. 

Kejadian berawal pada Jum'at siang sekitar pukul setengah 1, saat itu pak Nawawi dari belakang rumah mendengar suara ledakan di sekitar area televisi. Ketika mendatangi sumber ledakan ternyata api sudah menjalar ke dinding rumah dan atap rumah yang terbuat dari kayu. Pak Nawawi dengan sekuat tenaganya langsung berusaha memadamkan api dengan menyiram air ke sumber api. Rumah yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api cepat membesar dan menjalar ke beberapa bagian rumah.

Kebetulan pada saat itu lingkungan sedang sepi karena warga sedang melaksanakan ibadah sholat Jum'at. Tak lama kemudian orang-orang yang baru pulang dari masjid berdatangan untuk membantu memadamkan api. Termasuk juga anggota KKM kelompok 41 dan 42 ikut membantu karena memang rumah pak Nawawi dekat dengan basecamp anggota kelompok 41 dan 42 yang laki-laki. 

"Kok pas banget saya tidak berangkat sholat Jum'at, kemungkinan sudah habis rumah saya kalau misalnya saya sudah berangkat sholat Jum'at, ini saja ranjang kasur, lemari plastik, dan televisi sudah habis terbakar", kata pak Nawawi dalam bahasa Jawa, Selasa (27/12/2022).

Dengan memakai alat seadanya seperti selang dan timba, warga pun akhirnya dapat memadamkan api yang hampir melalap setengah bagian dari rumah pak Nawawi. Walaupun banyak barang-barangnya yang terbakar pak Nawawi dan istri masih bersyukur karena masih diberi keselamatan.

Di akhir pak Nawawi sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh kelompok KKM 42. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Mahasiswa terutama kelompok KKM 42 terhadap masyarakat di desa Bunut Wetan yang sedang terkena musibah. Mahasiswa KKM Kelompok 42 juga berharap bantuan yang mungkin tidak seberapa nilainya ini, dapat bermanfaat untuk pak Nawawi dan keluarga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline