Lihat ke Halaman Asli

Pekan ke-1 KKM UIN Malang di Dusun Nramban, Desa Banturejo Mengembangkan Potensi Desa dengan Proker Unggulan

Diperbarui: 25 Desember 2022   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pelepasan KKM 214 Desa Banturejo/dokpri

Kuliah Kerja Mahasiswa atau yang biasa disebut KKM, merupakan kegiatan pengabdian kepada masyrakat yang harus di ikuti oleh mahasiswa semester 5 di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini dilakukan kurang lebih selama 35hari lamanya, yang bertujuan untuk membangun desa berkelanjutan. Salah satunya kelompok KKM 214 yang bertempat di Dusun Ngramban, Desa Banturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Semenjak pembukaan dan pelepasan anggota KKM pada Senin, 19 Desember 2022, yang dihadiri hampir seluruh anggota KKM yang antusias turut ikut serta, dimulai pada pukul 07.00WIB  pagi, hingga pukul 08.00WIB. Setelah itu perkelompok dilepas kelokasi masing masing dan ke Desa masing-masing. Kelompok KKM 214 yang setelah itu ikut dalam acara pelepasan langsung menuju ke lokasi di Dusun Ngramban, Desa Banturejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Setibanya dilokasi Dusun Ngramban, melalui perjalanan yang cukup lama, pada pukul 11.30WIB, Kelompok KKM 214 UIN Malang langsung mendatangi pemilik rumah yang sebelumnya sudah memberikan izin tempat tinggal nya, yang mana tempat tinggal perempuan dan laki laki terpisah rumahnya tetapi masih tetap satu dusun. Karena pada hari itu instansi Desa belum bisa menerima atau menyambut kami secara langsung dikarena sedang ada acara dari desa pada hari itu.

Pada malam harinya, kami sekelompok mengadakan evaluasi terkait program kerja kelompok kami kedepannya dan juga dihadiri oleh Kepala Dusun Ngramban, Bapak Edi Kusnanto. Yang mana pembahasan kala itu membahas tentang adat istiadat di desa, peraturan apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan, dan juga potensi apa yang dapat dikembangkan di dalam Desa Banturejo, terkhusus di Dusun Ngramban. “Di Dusun ini banyak sekali potensi yang ada, adik adik dari Kampus UIN Malang, terutama bisa mengembangkan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan membantu takmir masjid, serta juga di Dusun ini ada kelompok ternak, karena memang di Dusun ini kebanyakan dari kami adalah peternak sapi perah, yang mana susu sapi itu bisa dijadikan adik adik sekalian sebagai proker utama, monggo silahkan kami siap membantu adik adik semua”, ujar Kepala Dusun Ngramban, Bapak Edy Kusnanto.

Kunjungan dan Evaluasi dari Kepala Dusun Ngramban/dokpri

Kelompok KKM 214 diketahui sudah menyiapkan beberapa Divisi didalamnya, yang mana tugas pokok dan fungsinya sudah menyelaraskan dengan kebutuhan dan potensi di Dusun Ngramban butuhkan, yaitu terdapat Divisi Pendidikan yaitu tugas utamanya adalah membangun dan mengembangkan pendidikan di Dusun Ngramban dimulai dari pendidikan dini hingga sekolah dasar, dan juga mengadakan les privat bagi para pelajar di Dusun Ngramban.

Mengajar Les Private/dokpri

Selain les privat di rumah, divisi pendidikan juga membantu pengajaran di tingkat sekolah dasar (SD) yaitu di SDN 03 Banturejo. Membantu pengajaran disekolah membaca, menulis, dan berhitung diselingi dengan bermain agar adik adik pelajar sekolah dasar tidak merasa bosan. Bahkan dengan hadirnya kelompok 214 di Dusun Ngramban pelajar SD 03 Banturejo lebih semangat lagi dalam belajar dan mereka selalu dating tiap pagi karena ingin belajar bersama kami, “kalo ada mas dan mba nya di sd ini aku jadi semangat belajar, soalnya asik seru belaja sambil ada gamenya jadi ga ngbosenin”,ujar Arka pelajar kelas 2 SDN 03 Banturejo, ketika di tanyakan semangatnya ketika belajar. “kedatangan teman teman dari kampus UIN Malang, sangat sangatlah membantu kami dalam pengajaran dan penerapan ilmu adek adek semua yang sudah emban di kampus, semoga dengan adanya adek adek semua dari kampus UIN Malang ini bisa mengembangkan dan menumbuhkan semangat teman teman di SD ini” pungkas Kepala Sekolah SDN 03 Banturejo, Ibuk Lilik Supriyati

Foto bersama dengan guru SDN 03 Banturejo/dokpri

Proses Mengajar di Kelas/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline