Lihat ke Halaman Asli

Miftachul Jannah

Mahasiswa UIN Malang

Toleransi Umat Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Pada Masyarakat Desa Kesamben: Pembukaan KKM Desa Kesamben 2023

Diperbarui: 24 Desember 2023   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang menjadi saksi acara Pembukaan KKM Kelompok 56 & 57 Pada Hari Kamis (21/12). Setelah resmi mengikuti acara pelepasan mahasiswa KKM (Kuliah Kerja mahasiswa) yang diselenggarakan di UIN Malang pada hari rabu 20 desember 2023, Para mahasiswa KKM UIN Malang bergegas menuju ke desa yang sudah menjadi tempat lokasi KKM yang ada di Kabupaten Malang. Desa Kesamben menjadi salah satu tempat KKM Mahasiswa UIN Malang. Terdapat 23 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok di desa tersebut. Kelompok 56 & 57 yang bertempat di desa tersebut difokuskan ke dusun yang berbeda. Kelompok 56 di Dusun Talun dan kelompok 57 di Dusun Kesamben.

Para Mahasiswa/i UIN Malang akan melakukan KKM selama 40 hari dengan periode 20 Desember 2023 s/d 31 Januari 2024 yang bertempat di Dusun Talun, Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Hal ini terlihat dengan adanya acara penyambutan para mahasiswa KKN pada hari Kamis, 21 Desember 2023 yang dihadiri oleh Kepala Desa Kesamben, Sekretaris Desa Kesamben, Babinsa, Polmas, dan Perwakilan dari Posyandu serta DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Kelompok 56. Untuk KKM tahun ini, UIN Malang mengusung tema Moderasi Beragama, Pencegahan Stunting, dan Kemiskinan Ekstrim.

Sambutan yang pertama dilakukan oleh Azharotunnafi, M.Pd selaku dosen pembibing lapangan kelompok 56, yang menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu program wajib yang diadakan oleh setiap instansi perkuliahan sebagai bentuk pengimplementasian ilmu teori yang didapatkan di bangku perkuliahan dan diterapkan ke masyarakat Desa Kesamben.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Sekertaris Desa Kesamben :

"Saya ingin mahasiswa KKM dari UIN khususnya di desa kesamben ini bisa mengembangkan desa ini tanpa harus merusak atau mengubah kearifan lokal disini. Tatakrama diutamakan karena sifat orang desa dengan orang kota berbeda. Ilmu yang telah didapat dari kampus saya harap bisa dipakai dimasyarakat".

Input sumber gambar

Selanjutnya pembukaan KKM di Desa Kesamben secara simbolis dilakukan dengan pemotongan pita oleh Azharotunnafi, M.Pd selaku dosen pembibing lapangan kelompok 56.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline