Lihat ke Halaman Asli

Banjararum54

Program KKM UIN Malang

Sowan, Teknik Pendekatan dari Kelompok 54 KKM UIN Maulana Malik Ibrahim

Diperbarui: 31 Desember 2022   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Penulis: Lika Nurut Tamami

Editor: Alisa Salsabila

Singosari, Malang. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah terlepaskan dari sikap saling bahu-membahu, tolong-menolong, dan saling memiliki kontak batin. Saling membutuhkan adalah hal wajar yang sering dilakukan. Salah satu bagian dari tindakan saling membutuhkan telah ditunjukkan oleh kelompok 54 dengan cara melakukan 'Sowan.'

Sowan biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk mengakrabkan hubungan dengan saudara, tokoh agama, atau teman. Kali ini bentuk sowan yang dilakukan oleh kelompok 54 dilakukan dalam rangka menimba ilmu kemasayarakatan melalui tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini setidaknya telah dilakukan lebih dari tiga kali guna mengakrabkan diri dengan lingkungan sekitar. Selain itu, sowan dilakukan atas dasar kesadaran bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari ketika terjun di dunia masyarakat.

Teknik sowan bukan hanya dilakukan kepada tokoh masyarakat. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan menggunakan teknis sowan, yaitu MOU izin mengajar di TPQ setempat, kunjungan ke UMKM yang berada di Desa Banjararum, MOU izin mengajar di SDN 2 Banjararum. Selain itu, teknik sowan juga digunakan kepada wilayah yang berpotensi untuk menjadi sasaran pengabdian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline