Lihat ke Halaman Asli

Pembukaan Program Kerja KKM Kelompok 22 & 23 UIN Malang di Desa Gunung Jati, Jabung, Malang

Diperbarui: 26 Desember 2023   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan KKM Kelompok 23 di Balai Desa Gunung Jati, Kecamatan Jabung, Malang (22 Desember 2023).

KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2023 telah dimulai. Istilah KKM diusung UIN Malang menggantikan istilah KKN yang umum digunakan. KKM merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Mahasiswa. Sementara KKN dapat diartikan sebagai Kuliah Kerja Nyata, tetapi juga bisa diartikan sebagai Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Untuk mengantisipasi kesalahpahaman terkait makna dari program pengabdian masyarakat ini, UIN Malang mengubah istilahnya menjadi KKM. KKM UIN Malang dijalankan selama 40 hari dimulai pada tanggal 20 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024. KKM periode ini mengusung tema "Moderasi beragama, pencegahan stunting, serta kemiskinan ekstrem". 

Kedatangan 23 mahasiswa dari kelompok KKM 22 dan 23 UIN Malang di Desa Gunung Jati, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, disambut hangat oleh perangkat desa setempat. Sebelum memulai kegiatan KKM di desa, mahasiswa KKM, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan sejumlah perangkat desa melakukan pembukaan kegiatan KKM di Balai Desa Gunung Jati, Jumat (22/12). Kegiatan pembukaan ini berlangsung pada pukul 09.15 hingga 10.30. Perangkat desa yang turut hadir dalam acara tersebut diantaranya yakni kepala desa, sekretaris desa, dan juga kepala dusun. 

Pembukaan dimulai dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan beberapa sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh perwakilan mahasiswa, Farid Khoirul Umam, selaku ketua kelompok 23. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Desa Gunung Jati, "Semoga teman-teman KKM kelompok 22 dan 23 bisa nyaman di desa ini," Bapak Raqub. Sambutan terakhir disampaikan oleh DPL, Bapak Taaib Maghfur, S.S, M.Pd.I. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh DPL dan perangkat desa sebagai simbolis dimulainya pelaksanaan KKM selama 40 hari ke depan. 

Berikutnya pemaparan Program Kerja KKM dari dua kelompok yang dimulai oleh Bagas, selaku ketua kelompok 22, disusul oleh Farid. Program Kerja yang dipaparkan salah satunya adalah sosialisasi stunting di sekolah dan pendampingan SD dan TPQ di desa. Perangkat desa yang hadir juga turut memberikan masukan terhadap program kegiatan yang telah dirancang. 

Mahasiswa KKM Kelompok 22 dan 23 berharap Program Kerja dapat dilaksanakan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Gunung Jati. DPL dan perangkat desa juga berharap agar mahasiswa dapat membaur dengan masyarakat serta menambah pengalaman dalam kehidupan bermasyarakat sebagai bekal ke depannya. (Author: Farid Khoirul Umam)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline