Lihat ke Halaman Asli

KKM216PANDANSARI

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Junjung Tinggi Ulul Albab, KKM 216 Pandawa UIN Malang Ikut Andil dalam Rutinitas di TPQ

Diperbarui: 17 Januari 2023   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto mahasiswa KKM 216 bersama para ustaz dan ustazah pengajat TPQ Tarbiyatul Aulad (Dokpri)

Dalam rangkaian kegiatan yang diagendakan oleh kelompok KKM 216 "Pandawa" UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang bertempat di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang, terdapat satu kegiatan yang berupaya mengimplementasikan motto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakni Ulul Albab dan penerapan dari Tri Dharma Perguruan yakni aspek pengabdian dan pendidikan.

Kegiatan ini berupa pengajaran Al-Quran di TPQ, tepatnya di TPQ Tarbiyatul Aulad. Kegiatan belajar mengajar di TPQ diselenggarakan pertama kali pada hari Rabu, (21/12/2022) dan terus berlanjut hingga selesainya kegiatan KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini berlangsung selama KKM berlangsung, pada hari Senin-Kamis.

TPQ Tarbiyatul Aulad merupakan salah satu Taman Pendidikan al-Qur'an yang terletak di Desa Pandansari. TPQ ini terdiri atas 19 kelas dengan 14 pengajar. Proses mengajarnya terbagi atas dua shift, shift pertama dengan kegiatan mengaji mulai pukul 13.00-14.30 dan shift kedua dengan kegiatan diniyah mulai pukul 14.30-16.00. Para santri TPQ Tarbiyatul Aulad terdiri mulai dari jenjang pra-TK hingga kelas 6 SD.

Dalam pengajarannya, TPQ Tarbiyatul Aulad menggunakan metode Qiroati. Tidak hanya kegiatan belajar mengaji, di TPQ Tarbiyatul Aulad juga belajar hafalan bacaan dan praktek sholat, hafalan doa harian, hafalan juz 30, menulis kaligrafi, kajian kitab Aqidatul Awwam pada hari senin dan masih banyak lagi.

Dalam mendampingi ustaz dan ustazah dalam mengajar, para mahasiswa KKM 216 biasanya membantu menyimak bacaan qur'an dan hukum bacaan para santri, menyimak hafalan doa harian, bacaan sholat dan juz 30 para santri, membantu santri dalam menulis kaligrafi, dan membantu mengondisikan adik-adik santri. Antusias para santri TPQ Tarbiyatul Aulad membuat para mahasiswa semangat untuk mendampingi dalam pengajaran.

Foto salah satu mahasiswa KKM 216 membantu mendampingi para santri (Dokpri)

Kegiatan mengajar di TPQ ini memberi pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Banyak ilmu baru yang kami peroleh selama mendampingi ustaz dan ustazah dalam mengajar para santri. Para pengajar TPQ Tarbiyatul Aulad juga sangat terbuka terhadap ilmu-ilmu yang mereka miliki.

Penulis : Akramunisa M. Putri

Penyunting: Yasmin R.A.D Wula




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline