Lihat ke Halaman Asli

KKM 200

mahasiswa

Stop Bullying! KKM UIN Malang Sosialisasikan Kampanye Anti Bullying di SDN 2 Balesari

Diperbarui: 25 Januari 2023   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

murid kelas 1-6 SDN 2 Balesari mengikuti sosialisasi bullying yang diberikan oleh mahasiswa KKM 200

Balesari - KKM 200 UIN Malang melakukan sosialisasi anti bullying kepada murid-murid SD Negeri 2 Balesari pada hari Sabtu (7/1). Sosialisasi ini berfokus pada kampanye anti bullying di sekolah dasar. Para murid dikenalkan kepada istilah bullying dan banyak hal lain terkait dengan tindakan bullying.

Sosialisasi ini dilaksanakan di mushola sekolah yang juga sering digunakan sebagai aula. Seluruh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 mengikuti sosialisasi tersebut. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai pada pukul 12.00 WIB.

Kegiatan ini diprakarsai oleh divisi sosial dan hukum kelompok KKM 200 di Desa Balesari. Program kerja ini didasari oleh minimnya pengetahuan dan kesadaran murid-murid SD Negeri 2 Balesari terhadap isu bullying.

“Mereka tahu tindakannya, bahkan beberapa juga secara tidak sadar melakukan salah satu tindakan bullying. Tapi mereka tidak tahu istilahnya (bullying) dan tidak tahu bahwa tindakan itu sebenernya ga baik,” ujar Aisya selaku anggota divisi soshum KKM 200.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran murid-murid SD terhadap isu bullying. Harapan jangka panjangnya tentu adalah menciptakan lingkungan belajar yang saling menghormati dan bebas penindasan serta perundungan.

Pada sosialisasi ini, murid-murid SD diperkenalkan kepada apa itu istilah bullying. Selain itu, para pemateri juga menunjukkan contoh-contoh tindakan yang masuk ke dalam kategori tindakan bullying. Termasuk sanksi atau hukuman yang bisa didapat jika melakukan perbuatan tersebut.

murid kelas 1-6 SDN 2 Balesari mengikuti sosialisasi bullying yang diberikan oleh mahasiswa KKM 200

“Salah satu contoh pembullyan itu mengucilkan. Mengucilkan itu adalah tidak membolo,” terangnya saat menjelaskan materi kepada murid-murid SDN 2 Balesari. Selain materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKM 200, para murid juga disuguhi dengan video pembelajaran bertemakan bullying.

Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan lancar dan kondusif. “Ya, meskipun ada beberapa anak yang susah diatur dan tidak mau mendengarkan, lebih banyak lagi yang antusias mendengarkan dan akhirnya tahu dan ngerti apa itu bullying,” ucap salah satu anggota kelompok KKM 200.

Acara sosialisasi tersebut diakhiri dengan pemberian kuis berhadiah dan ditutup dengan sesi foto bersama murid-murid SDN 2 Balesari dan mahasiswa KKM 200.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline