Lihat ke Halaman Asli

KKM 05 PASULUHAN UNIBA 2024

Kelompok 05 KKM Universitas Bina Bangsa 2024

KKM 05 Gelar Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Sarana Pengembangan Pelaku Anyaman Bambu Kelurahan Pasuluhan

Diperbarui: 4 September 2024   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi E-Commerce (Dokumen Pribadi)

Kelurahan Pasuluhan -- Kolaborasi Mahasiswa Kelompok 5 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) dan masyarakat Desa Pasuluhan terhadap penjualan anyaman bambu melalui pemanfaat E-Commerce.

Mahasiswa dituntut harus memiliki jiwa sosial dalam hal mengembangkan potensi-potensi yang terdapat dalam masyarakat, maka dari pada itu program kerja yang kami bawa yaitu dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdapat di Kelurahan Pasuluhan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, Senin, (2/8/2024).

Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Sarana Pengembangan Pelaku Anyaman Bambu Warga Pasuluhan dihadiri oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Praktisi ekonomi dan masyarakat Desa Pasuluhan.

Selain dari pada program kerja kelompok 5 yang berkaitan dengan pengenalan dan pemanfaatan media online sebagai pemanfaatan E-Commerce sebagai sarana pengembangan pelaku anyaman bambu warga kelurahan Pasuluhan.

Dalam sambutannya Desty E. Subroto menjelaskan, pemilik UMKM akan diberikan pemahaman tentang kelebihan penjualan di marketplace, ragam aplikasi marketplace yang tersedia, cara membuat akun di aplikasi tersebut, dan sistem penggunaan aplikasi marketplace.

"Perdagangan di marketplace itu sangat luar biasa, Desa Pasuluhan diharapkan dapat mengatasi kendala dalam pemasaran produk mereka dan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan di luar wilayah", Ungkap Desty.

Berdasarkan riset serta data yang mahasiswa kelompok 5 peroleh sebelumnya, pelaku UMKM di Kelurahan Pasuluhan rata-rata bergerak dalam bidang kuliner, minuman, dan juga kerajinan, Namun dalam hal penggunaan sistem pengenalan produk maupun penjualanya masih tergolong belum optimal.

Dengan begitu kami melihat adanya potensi serta peluang usaha yang seharusnya mampu di kembangkan lebih luas yang kami rasa perlu adanya pengenalan ke dunia digital lebih mendalam, hal ini juga berkaitan dengan upaya kami dalam pengembangan usaha di Kelurahan Pasuluhan tersebut.

Kegiatan tersebut diawali dengan adanya penyampaian materi mengenai repacking kemasan produk oleh Uli Wildan Nuryanto seorang praktisi ekonomi dan memberi pengetahuan kepada UMKM mengenai perizinan usaha serta penggunaan E-Commerce untuk memasarkan produk UMKM tersebut.

Masyarakat Desa Pasuluhan yang mengikuti kegiatan sosialisasi UMKM, dilaksanakan KKM Kelompok 5 UNIBA sangat antusias serta memberikan respon yang positif kepada kami.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline