Lihat ke Halaman Asli

David Abdullah

TERVERIFIKASI

Menyidik Peran Bjorka, Pahlawan atau Penjahat?

Diperbarui: 17 September 2022   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi hacker Bjorka. | Sumber: diolah dari WallpaperAcces.com

Meski sempat menjual miliaran data privasi publik, atas aksinya membocorkan data-data milik para pejabat dan sikapnya kala mendukung unjuk rasa, Bjorka kini justru dianggap pahlawan.

Di tengah tsunami penolakan kebijakan tak populis pemerintah usai menaikkan harga BBM bersubsidi, peretas (hacker) anonim yang berjuluk Bjorka turut hadir menyuarakan keresahan masyarakat.

Bjorka memulai aksinya kala menyentil "pesta ulang tahun" Ketua DPR RI Puan Maharani dalam agenda rapat paripurna. Padahal, pada waktu bersamaan, publik sedang mengadakan demontrasi akibat naiknya harga BBM tepat di luar gedung DPR RI, Senayan, Selasa (6/9/2922).

Tidak lama setelahnya, sebagai bentuk dukungannya kepada masyarakat yang sedang berdemontrasi, Bjorka kembali menebar ancaman akan membobol data aplikasi MyPertamina. Dukungan itu ia tuliskan via akun Telegram Bjorkanism, Sabtu (10/9/2022).

"Untuk mendukung masyarakat yang sedang berjuang dengan melakukan demonstrasi di Indonesia, terkait harga bahan bakar minyak, saya akan segera membeberkan database MyPertamina,” tulis Bjorka.

Tidak hanya itu, dalam kurun sebulan terakhir, Bjorka juga mampu membuat pemerintah Indonesia kelabakan atas data-data rahasia yang sukses ia retas, yang lantas dibocorkannya ke publik.

Ia diketahui telah meretas data pribadi milik para pejabat pemerintah seperti Menkominfo Johnny G. Plate, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Dirjen APTIKA Semuel Abrijani Pangerapan, serta Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Data pribadi politisi serta pendengung seperti Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Denny Siregar, dan Abu Janda (Permadi Arya) juga tak luput menjadi targetnya.

Bahkan, data-data rahasia milik entitas selevel Badan Intelijen Negara (BIN) pun berhasil dia bobol. Dia mengklaim telah membobol surat-surat rahasia BIN yang dikirim kepada Presiden Joko Widodo.

Atas desakan netizen Tanah Air, Bjorka juga turut membeberkan siapa dalang di balik pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, yang wafat akibat diracun saat berada dalam perjalanan menuju ke Belanda 18 tahun silam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline