Lihat ke Halaman Asli

42 Tahun Bahasa Arab Diakui Dunia

Diperbarui: 18 Desember 2015   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bahasa Arab merupakan bahasa resmi keenam di dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United National Educational, Scientific and Culture Organization). Informasi tersebut mungkin telah diketahui oleh publik, namun kapan kehadiran bahasa tersebut diterima secara resmi hingga akhirnya tanggal 18 Desember ditetapkan sebagai world Arabic language day belum banyak diketahui. Bahkan tidak semua pendidik bahasa Arab di jenjang pendidikan mengerti kapan dan apa latar belakang dari penetapan hari tersebut.

42 Tahun Bahasa Arab berkiprah di kancah internasional, sejak diditetapkan oleh UNESCO 18 Desember 1973 (kompasiana.com). Dan inisiatornya adalah Maroko dan Saudi Arabi, dua negara anggota UNESCO dari Timur Tengah.

Dua negara tersebut menggagas pentinganya bahasa Arab untuk dijadikan bahasa internasional dengan beberapa alasan yang harus kita ketahui bersama. Pertama, peran besar bahasa Arab dalam membentuk kemajuan peradaban di masa silam, dibuktikan dengan banyaknya literatur-literatur produk gagasan ilmuan muslim yang dituliskan dengan menggunakan bahasa Arab. kita tentu mengenal Ibnu Sina atau avicena sapaan akrab beliau dengan karyanya yang sangat monumental dalam bidang kedokteran Qonun fi at-Thib dan Asy-Syifa’, kita juga pasti mengenal Al-Kindi seorang filusuf muslim yang sangat juga Al-FArabi, kita juga pasti mengenal Al-Khawarizmi dengan temuannya Al-jabar, dan ilmuan-ilmuan lain.

Kedua, bahasa Arab telah digunakan oleh penutur lebih dari 422 juta jiwa dalam percakapan mereka, 1,5 miliar umat Islam membutuhkan bahasa Arab, serta keberadaanya telah menjadi bahasa resmi negara-negara kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kita sebagai umat muslim patut berbangga hati dengan diterimanya bahasa Arab dalam dunia internasioanal, khususnya para pelajar yang menekuni bahasa Arab. memperjuangkan bahasa Arab untuk lebih dapat diterima dalam dunia internasioanl adalah tugas yang harus kita emban.

Tinjauan Historis Bahasa Arab

Mari kita melakukan tinjauan historis terhadap perkembangan bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan salah satu rumpun bahasa semit yang tersebar di jazirah Arab. Perkembangan bahasa Arab mulai meluas, saat telah ditetapkannya bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an bagi pemeluk Islam (Q.S Zukhruf: 3).

Jadi persebaran bahasa Arab bersamaan dengan islam disebarkan di luar Jazirah Arab. Langkah selanjutnya, diteruskan oleh Khalifah Umar bin Khattab. Beliau telah menetapkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kekhalifahannya. Sehingga semua wilayah yang telah ditaklukkan juga turut menggunakan bahasa Arab, namun dengan lahjat Qurais sebagaimana ketentuan khalifah Umar. Lahjat Qurais dipilih karena memiliki penutur yang sangat banyak, serta memiliki wilayah persebaran yang srategis, sebab keberadaaanya berada dipusat peribadatan umat islam, yakni makkah. Bahasa Arab semakin berkembang di era kekhalifahan dengan ekspansi-ekspansi yang telah dilakukan (Sholih, 1976).

Bahasa Arab terus mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan agama Islam di dunia. Karena keberadaan bahasa Arab tidak dapat dipisahkan dengan umat islam, walaupun tidak semua penutur Arab itu itu islam namun bisa dipastikan setiap umat islam menggunakan bahasa Arab, minimal dalam kegiatan ritual keagamaannya.

Dalam sejarah bani Abasiyah, Islam dan Bahasa Arab telah berhasil membangun sebauh peradaban besar yang dikatakan dengan masa rennaisance Islam sebelum adanya rennaisance di Barat. Seperti yang saya ulas di atas, banyak sekali kemajuan-kemajuan keilmuan yang dipelopori oleh intelektual muslim di segala bidang. Karya-karya mereka yang sangat menumental, menjadi rujukan dunia dalam pengembangan pengetahuan, walaupun sebagian besar ilmuan barat menolak pendapat tersebut, namun nyatanya masa rennaisance barat jatuh setelah masa rennaisance Islam runtuh dengan perang salib.

Diakui atau tidak memang itulah realitas yang ada. Benar sekali, alasan yang digunakan oleh Pemerintahan Maroko dan Saudi Arabia untuk mengajukan bahasa Arab secara resmi dalam kancah internasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline