Lihat ke Halaman Asli

Kembali Muda

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sepertinya setiap orang ingin selalu awet muda ya, nggak cuma perempuan tapi juga laki- laki. Muda identik dengan tampilan yang fresh, kencang dan menarik. Tetapi sebenarnya awet muda bukan hanya soal penampilan tapi lebih pada kondisi kesehatan tubuh. Muda berarti kondisi tubuh yang fit. Sel tubuh masih meregenerasi dengan cepat, sel yang rusak selalu tergantikan. Sedangkan menua berarti kondisi yang semakin melemah, fungsi organ tubuh menurun yang juga tampak pada penampilan: keriput, uban, tumpukan lemak.

Menua itu pasti dan tidak dapat dicegah namun processnya dimasa kini semakin dipercepat karena kondisi lingkungan dan gaya hidup yang buruk. Jika kita merujuk pada buku karangan Dr Shigeo Haruyama“ the miracle of Endorphine“ yang sedikit mengulas radikal bebas, seharusnya kondisi tubuh yang “sakit” itu bisa dicegah. Bahwa sesungguhnya tubuh kita menghasilkan sendiri zat penyembuh yang bisa membuat kita tetap awet muda dan selalu sehat hingga tiba saatnya umur kita diputus oleh Sang Pemberi Hidup.

Bicara soal radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang sangat beracun untuk tubuh. Di usia muda, tubuh kita menghasilkan zat anti oksidant yang cukup untuk menangkalnya. Namun ketika sel otak kita berhenti bertumbuh yaitu di usia 25 th, zat anti oksidant yang di hasilkan tubuh berkurang. Jadi pengaruh radikal bebas ke tubuh sangat tergantung dari seberapa banyaknya radikal bebas yang masuk ke tubuh kita. Tentu saja cara termudah untuk menangkalnya dalah dengan mengurangi paparan radikal bebas. Sumber radikal bebas antara lain adalah: stress, polusi udara, bahan kima (pestisida dll), zat pengawet, radiasi benda electronic. Masalahnya adalah hal hal tersebut banyak bertebaran disekitar kita dan kita tidak menyadarinya. Untuk membantu tubuh kita memproduksi lebih banyak zat anti oksidant, kita membutuhkan makanan yang banyak mengandung zat antioksidant seperti buah- buahan dan sayuran tapi tentu saja perlu berhati- hati dengan keberadaan pestisida.

Saat ini, gen- gen kemudaan sudah berhasil diidentifikasi. Dan para ilmuwan sudah berhasil menemukan cara mere-set gen ditubuh tua kembali muda. Ini sangat menarik. Dengan mere-set gen, kulit muda yang kencang dan kenyal bisa kita dapatkan kembali. Keriput bisa dihilangkan, tumpukan lemak dipecah, flek di wajah dibersihkan. Bahkan dapur sel pun berhasil dibersihkan, hasilnya, fungsi organ vital kembali muda. Hidup lebih sehat dan yang pasti tampak muda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline