Lihat ke Halaman Asli

Kishan Raj

Penikmat Sepakbola Indah

Liga Eropa : Laga penentuan lolos ke Babak 8 Besar

Diperbarui: 17 Maret 2023   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber - Google UEFA Europa League 

Lanjutan  Leg kedua babak 16 besar Kompetisi Liga Eropa akan menghadirkan pertandingan menarik, walau besar kemungkinan tidak ada kejutan yang mencegangkan. Klub-klub elit liga domestik masing-masing negara tetap berada di tempat yang semestinya.  Tim favourit untuk melaju ke babak 8 besar adalah klub Manchester United, Juventus, AS Roma, Leverkusen  serta Arsenal. Yang patut di acungi jempol adalah klub Italia. Setelah tiga klub Serie A hadir di babak 8 besar Liga Champion, maka ada peluang 2 tim lolos di Liga Eropa yakni, Juventus dan AS Roma. Praktis lima tim asal Serie A berada di liga Eropa musim ini. Apakah ini indikator kemajuan dan kebangkitan Serie A yang pernah menjadi kompetisi sepakbola yang paling menarik untuk ditonton. Daya tarik Serie A pernah membuat banyak pemain bintang berpindah ke negera Pizza  untuk dapat bermain di Serie A sebelum pindah ke La Liga dan sekarang kompetisi Liga Inggris.

sumber foto goal.com

Bagi klub elit Eropa, selalu yang menjadi sorotan adalah pemain bintang selain sosok pelatih sohor. Angel di Maria, pemain yang tidak muda lagi namun tetap menjadi penentu di timnya,  pemenang Piala Dunia bersama Argentina adalah salah satu pemain yang bersinar di klub Nyonya Tua di beberapa laga yang diikuti Juventus, cetak Hattrick dan menjadi penentu kemenangan lawan Freiburg dengan gol tunggalnya. Di As Roma tentu ada sang maestro, pelatih pembawa kemenangan sejati bagi klubnya,  Jose Morinho yang sukses  mempersembahakan Piala Konferensi Eropa musim lalu bagi tim I Lupi Serigala. Striker asal Inggris Tammy Abrahams berjanji akan mempersembahkan piala lebih banyak bagi As Roma.  Tak bisa disepelekan adalah klub La Liga, Spanyol, Sevilla yang mendapat julukan sebagai Raja Liga Eropa di tengah performa buramnya di kompetisi La Liga. Sevilla seperti mewakili dua sosok, satunya terseok-seok di liga, menempati urutan ke tiga belas dan hampir masuk di zona degradasi dan satunya pribadi perlente di Liga Eropa. Peluang Man Utd menghadapi tantangan Real Betis seharusnya tidaklah terlalu berat. Begitupun Arsenal yang bermain di kandang lagi dalam performa terbaik. Kedua tim Inggris ini diprediksi akan lolos ke babak 8 besar. Menarik untuk mengikuti kiprah Xabi Alonso yang sekarang menjadi pelatih Leverkusen, mantan pemain, bintang lapangan tengah yang malang melintang liga Eropa dan Timnas Spanyol, bersama Real Madrid, Bayern Munchen, dibawah sederet pelatih hebat Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, Manuel Pellegrini serta Pep Guardiola

Kita nantikan hasil leg kedua ini yang sepertinya akan berakhir sesuai prediksi dengan keunggulan tim favorit, klub-klub pemain bintang akan lolos ke babak delapan besar. Selanjutnya perjuangan berat baru dimulai di babak perempat final untuk membuktikan bahwa Liga Eropa tidak kalah pamornya dibanding dengan Liga Champions walaupun memang beda kelas. Tetap menambah koleksi gelar juara adalah kebangaan dan pengakuan kehebatan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline