Lihat ke Halaman Asli

Raihan Azkafatah

Mahasiswa FISIP Uhamka

Efek Komunikasi Massa di Masa Pandemi

Diperbarui: 1 Februari 2021   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekarang kita sedang dihadapi masalah wabah virus Covid-19 sejak awal tahun 2020 yang  menimbulkan berbagai masalah, mulai dari kegiatan ekonomi, pendidikan, dan sosial. Komunikasi massa menjadi peran yang penting karena memberikan komunikasi yang efektif akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penanganan pandemi ini. 

Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri (Gerbner, 1967). Beruntungnya kita hidup dimana zaman sudah berkembang akan teknologi yang memudahkan masyarakat mendapatkan informasi melalui media massa.  Melalui media massa institusi atau lembaga seperti pemerintah bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Tujuan komunikasi  inilah pemerintah dapat menyebarluaskan informasi dan saling berinteraksi mengenai pandemi saat ini. 

Lalu apa efek dari komunikasi massa? Apa yang diberikan media kepada kita?. Media sebagai wadah bagi masyarakat dalam mendapatkan sebuah informasi dan pendidikan. Apalagi ditengah pandemi masyarakat membutuhkan informasi dan arahan terkait masalah virus Covid-19. Apa yang harus dilakukan masyarakat? Bagaimana masyarakat dalam menanggapi masalah virus Covid-19?

Dalam hal ini pemerintah harus bisa memberikan sebuah pesan informasi dan jawaban terkait permasalahan yang ada. Mulai dari memberikan informasi peta penyebaran virus, memberi aturan mengenai protokol kesehatan, dan arahan-arahan kepada masyarakat dalam menghadapi virus Covid-19 yang nantinya akan menimbulkan impact atau timbal balik yang memungkinkan penerima pesan yaitu masyarakat dapat mencerna pesan tersebut dengan baik. 

Efek komunikasi massa dalam masa pandemi ini nantinya akan menimbulkan efek seperti efek kognitif, efek afektif dan efek behaviorial. Efek kognitif komunikasi massa akan meningkatkan kesadaran masyarakat contoh memakai masker jika sedang berada diluar rumah, efek afektif akan merubah sikap dan perilaku masyarakat ditengah pandemi berlangsung dan terakhir efek behaviorial yang nantinya akan mengikuti perilaku, tindakan sesuai dengan peraturan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Komunikasi massa di masa pandemi ini harus dilakukan dengan baik oleh semua elemen masyarakat. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam hal ini agar nantinya komunikasi ini bisa berjalan dengan efektif dan semuanya dapat melalui pandemi ini dengan baik dan lancar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline