Lihat ke Halaman Asli

Sterilisasi Hewan Menguntungkan atau Merugikan?

Diperbarui: 21 September 2021   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kucing (Sumber Gambar : Kiran Chandra Fauzi)

Sterilisasi hewan terutama sterilisasi pada anjing dan kucing sudah banyak dilakukan di kalangan masyarakat terutama pet parents atau pecinta hewan, namun tanpa kita sadari hal ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat awam.

Hal ini dikarenakan kurangnya ilmu mengenai sterilisasi itu sendiri, menjadikan masyarakat awam menganggap sterilisasi itu berbahaya, membuat hewan stress, menyiksa, dan bahkan ada yg mengatakan sterilisasi itu mematikan.

Menurut drh rizti sterilisasi hewan mengandung sejuta manfaat yang justru menguntungkan untuk peliharaan kita terutama mengurangi populasi hewan liar.

Hal ini dapat dilihat dari pengertian sterilisasi itu sendiri, sterilisasi hewan adalah proses yang dilakukan oleh dokter hewan dengan mengangkat alat reproduksi yang bertujuan agar hewan menjadi steril (bersih).

Berikut beberapa manfaat sterilisasi hewan menurut drh rizti : membuat hewan peliharaan menjadi lebih sehat, menambah nafsu makan, mencegah pembengkakan populasi, mencegah spraying (terutama hewan peliharaan jantan), dan mengurangi keinginan untuk berkeliaran.

Kesimpulannya sterilisasi hewan lebih menguntungkan. Jadi, jangan ragu lagi ya pet parents demi hewan peliharaan yang sehat.


Semoga bermanfaat👌




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline