Lihat ke Halaman Asli

Penghapusan Sistem Pengendalian Insentif yang Terjadi Pada Kurir Shopee Express

Diperbarui: 1 Juni 2024   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Insentif adalah penghargaan/ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para pekerja agar produktivitas kerjanya tinggi, sifatnya tidak tetap atau sewaktu-waktu. Oleh karena itu insentif sebagai bagian dari keuntungan, terutama sekali diberikan kepada pekerja yang bekerja secara baik atau yang berprestasi. insentif dapat sebut sebagai suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang atas dasar kinerja yang tinggi dan juga merupakan rasa pengakuan dari pihak organisasi terhadap kinerja karyawan dan kontribusi terhadap organisasi / perusahaan.

Sistem pengendalian insentif merujuk pada rangkaian proses dan kebijakan yang dirancang untuk mengelola dan mengendalikan program insentif di dalam sebuah organisasi. Sistem pengendalian insentif bertujuan untuk memastikan bahwa program insentif sesuai dengan tujuan strategis perusahaan dan dapat memberikan dorongan yang efektif bagi karyawan.

Sistem pengendalian insentif memiliki sejumlah manfaat bagi organisasi dan karyawan. Beberapa manfaat utama dari sistem pengendalian insentif yaitu :

1. Meningkatkan Motivasi Karyawan

2. Penyelarasan dengan Tujuan Organisasi

3. Peningkatan Kinerja Karyawan

Salah satu kasus dalam sistem pengendalian Insentif ini terjadi pada Kurir Shopee Express pada tahun 2022

Shopee adalah salah satu marketplace terkenal di Indonesia dan di beberapa negara lainnya. Awal kemunculannya di Indonesia, Shopee banyak diminati karena menawarkan banyak promo menarik bagi pembeli. Selain sebagai marketplace, Shopee juga memiliki lini bisnis jasa ekspedisi bernama Shopee Express. Shopee selama ini menerapkan sistem pembayaran per paket untuk para kurirnya. Sayangnya, tarif per paket di Shopee Express terus mengalami penurunan.

Awalnya, tarif per paket untuk kurir shopee express adalah Rp 5.000 kemudia sempat turun menjadi Rp 3.500 per paket. Untuk Cileungsi, Bogor yang menjadi wilayah operasionalnya, bayaran untuk tiap paket yang diantarkan adalah Rp 2.000. Namun, kurir yang bisa mengantarkan 35 paket sehari akan mendapat insentif sehingga penghasilannya akan mencapai Rp 115.000 dari yang seharusnya hanya mendapatkan Rp 70.000. Jika mengantar lebih dari 35 paket, maka kurir akan mendapatkan tambahan bayaran Rp 1.900 per paketnya.

sistem insentif itu dihilangkan sehingga kurir hanya mendapatkan bayaran flat Rp 2.000 per paket yang diantarkan. Artinya jika berhasil mengantarkan 35 paket pun, bayaran yang diterima kurir hanya Rp 70.000. Pada saat sistem pengendalian insentif ini dihilangkan bersamaan dengan naiknya harga BBM.

"Tidak sebanding dengan harga BBM, sementara kami tak ada uang bensin. Bensin dan motor dari kami," kata Anton kurir Shopee Express

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline