Lihat ke Halaman Asli

Sukino Kinoi

Pemilik Lembaga Pendidikan di Jogja, Ketua Takmir Masjid

Habis Makan Sahur Mau Ngapain? Bisa Lakukan Hal Ini

Diperbarui: 13 Maret 2024   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Al-Quran sebagai bahan bacaan sehabis makan sahur/dok. pri

            Bagi saya, waktu paling berat pada bulan Ramadan selama sehari semalam itu saat-saat setelah makan sahur. Betapa tidak, karena setelah perut terasa kenyang, biasanya rasa kantuk datang. Padahal setelah selesai makan sahur, dalam hal ini waktu imsak, 10 menit kemudian harus menjalankan shalat subuh. Apabila dibawa tidur, khawatir tidak bisa bangun saat adzan subuh berkumandang, tetapi apabila tidak dibawa tidur, mata terasa sangat lengket akibat mengantuk       

            Rasa kantuk sehabis makan sahur ini, sebenarnya bukan hanya disebabkan karena perut kenyang, tetapi karena sejak sore sebelum waktu sahur, banyak kegiatan amal ibadah sampai malam. Sehabis buka puasa sore hari yang dilanjutkan dengan shalat maghrib, tidak lama kemudian harus mengerjakan shalat isya.

            Selesai shalat isya, bersama dengan warga sekitar masjid, menjalankan shalat tarawih. Tidak cukup di sini, sehabis shalat tarawih kami mengadakan tadarus Al-Quran minimal 1 juz. Hal ini bertujuan agar selama satu bulan Ramadan bisa menyelesaikan bacaan Al-Quran sebanyak 30 juz alias khatam. Terkadang sampai jam 22:00 baru pulang dari masjid.

            Sesampai di rumah, biasanya tidak langsung tidur, tetapi harus mengerjakan ini itu yang terkadang jam 24|:00 baru bisa tidur. Kemudian jam 03:00 atau 03:30 saya harus bangun untuk makan sahur. Bisa dibayangkan, berapa banyak energi yang harus dikeluarkan dari aktivitas diatas. Namun karena mengetahui manfaat makan sahur, maka seberat apapun, saya berusaha melakukannya.

Manfaat Makan Sahur

            Makan sahur di bulan Ramadan merupakan fondasi untuk kuat menjalankan puasa seharian. Dalam hukumnya, sahur bukanlah kewajiban melainkan sunah. Meskipun hukumnya sunah, tetapi para ahli kesehatan menyarankan bagi orang yang mau berpuasa sebaiknya makan sahur,

            Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan bagi orang yang berpuasa di siang hari untuk melakukan makan sahur. Saking pentingnya makan sahur ini, meskipun hanya minum air putih juga tidak apa-apa. Hal ini dikarenakan di dalam sahur terdapat keberkahan yang luar biasa. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam HR Ahmad yang artinya : 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur'" ,

            Selain berfungsi sebagai persediaan energi untuk esok harinya agar lebih kuat berpuasa selama seharian penuh, terdapat manfaat lian bagi orang yang makan sahur. Beberapa manfaatnya antara lain : belajar untuk bangun saat sepertiga malam dan kesempatan menjalankan ibadah pada waktu yang paling diberkahi.

            Saat waktu sahur Allah SWT turun ke langit dunia. Pada saat ini,  bagi orang yang memohon dan berdoa kepada Allah SWT akan dikabulkan. Maka berdoalah pada waktu sahur dan beribadah sebanyak-banyaknya. Selain itu, makan sahur juga termasuk meneladani sifat Nabi Muhammad SAW.

            Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh bagi orang yang makan sahur, maka rasa malas untuk bangun sedikit demi sedikit akan terkikis. Yang jadi pertanyaan selanjutnya, mau ngapain setelah makan sahur?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline