Lihat ke Halaman Asli

G30S PKI Menjadi Catatan Hitam Bangsa Indonesia

Diperbarui: 8 Oktober 2022   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi merupakan suatu unsur terinti atau terpenting dalam berdirinya suatu negara. Sebuah negara dikatakan layak diakui jika mempunyai ideologi. Sebab, ideologi adalah dasar yang menjadi acuan atas perilaku rakyat.

Ideologi pancasila merupakan dasar yang dianut bangsa indonesia yang disahkan pada tanggal 18 agustus 1945 merupakan bentuk hasil kerja dari PPKI. Untuk menciptakan suatu ideologi  bukan hal yang mudah karena sebuah ideologi dibuat berdasarkan karakteristik dari negara itu sendiri. 

Dengan adanya kecocokan antara ideologi dan perilaku rakyat maka diharapkan adanya suatu timbal balik yang positif yaitu kehidupan yang sejahtera dan tercapainya tujuan bersama yaitu persatuan dan kesatuan.

Ideologi juga berfungsi mengatasi berbagai pertentangan (konflik) atau ketegangan sosial. Dengan begitu, ideologi mampu membentuk solidaritas atau rasa kebersamaan. Ideologi menjadi kepribadian yang melekat pada setiap manusia dan menjadi tombak untuk berkembangan menjadi lebih baik. 

Maka dari itu ideologi perlu dipertahankan dijaga keasliannya dan senantiasa kita sebagai penganut harus melestarikan dengan cari menerapkan pada kehidupan sehari hari. Dengan selalu melibatkan hal hal yang potisif pada setiap perilaku kita.

Dibalik gagahnya ideologi pancasila pernah terjadi suatu peristiwa yang menjadi catatan hitam pada sejarah indonesia yaitu pemberontakan yang dilakukan oleh pantai komunis indonesia (PKI) gerakan ini dipimpin oleh dn aidit yang pada saat itu menjadi ketua dari partai komunis indonesia (PKI). D. N. Aidit adalah dalang utama dari adanya gerakan 30 September 1965/PKI .

Pemberontakan ini dilatar belakangi oleh rasa ingin mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi komunisme serta merebut kekuasaan dari pemerintah yang sah dan ingin melengserkan pancasila dari dasar negara indonesia dan pandangan hidup bangsa indonesia dengan upaya mengganti dengan bentuk yang lain, yaitu ideologi komunisme. 

Tujuan komunis mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi komunis ini adalah untuk menghancurkan negara kesatuan republik indonesia (NKRI) dan menjadikannya sebagai negara komunis,  merebut kekuasaan pemerintahan dan menyingkirkan tni angkatan darat, mewujudkan cita-cita pki, yakni menjadikan ideologi komunis dalam membentuk sistem pemerintahan yang digunakan sebagai alat untuk mewujudkan masyarakat komunis,  mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi komunis, kudeta yang dilakukan kepada presiden soekarno tak lepas dari rangkaian kegiatan komunisme internasional.

Dengan adanya pemberontakan PKI ini menjadi puncak pertumpahan darah pada tanggal 30 Septerber 1965 tapatnya pada malam hari. Para pemberontak merenggut nyawa tokoh penting negara seperti jendral tni ad dan pejabat perwira tinggi tni angkatan darat yang menjadi korban meninggal dunia dalam tragedi G30S/PKI:

Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani

Mayor Jendral Raden Soeprapto

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline