Lihat ke Halaman Asli

YOGYAKARTA TEMPAT LIBURAN YANG SELALU BIKIN KANGEN

Diperbarui: 12 Februari 2016   11:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Yogyakarta bukan nama baru sebagai destinasi liburan. Banyak tempat bisa dikunjungi di lokasi ini. Mulai dari kelas elite hingga kaki lima memiliki atmosfir sendiri. Namun begitu, kami mencoba menampilkan sisi lain Kota Gudeg ini, seperti kursus kilat membuat kerajinan souvenir & handicraft di King Souvenir & Handicraft Studio (Owner Ardiansyah al Ertha, SE), alamat : Keparakan Kidul MG I/1299 RT 54 RW 13, Yogyakarta – Telp (0274) 3158870 – Hp. 0821.8502.8870 dan berkunjung ke Kampung Kerajinan Keparakan.

 

Yogyakarta (beberapa orang menyebutnya Yogyakarta, Jogjakarta, Yogya atau Jogya) adalah kota yang terkenal akan sejarah dan warisan budayanya. Jogja merupakan pusat kerajaan Mataram Kuno (1575-1640) sampai sekarang Kraton (Istana) masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya. Jogja juga memiliki banyak candi berusia ribuan tahun yang merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan besar jaman dahulu, di antaranya adalah Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Syailendra.

 

Liburan ke Jogja kurang lengkap kalau tidak singgah ke Kampung Kerajinan Keparakan, kampung di mana kerajian souvenir, handicraft, sandal, tas, dll memiliki tempat tersendiri. Jika anda selama ini hanya membeli aneka souvenir dari kota ini, tidak ada salahnya anda mencoba sesuatu yang sedikit beda, membuat sendiri.

 

Sebagaimana yang dilakukan King Souvenir & Handicraft Studio yang menyediakan kursus bagi pengunjung yang tertarik dengan kerajianan souvenir. Hanya dalam waktu 3 jam dengan bimbingan instruktur professional anda bisa membuat cover tissue, gantungan kunci, sandal dan sebagainya sebagai oleh-oleh asli dari Kampung Kerajinan Keparakan juga asli buatan sendiri.

 

King Souvenir & Handicraft Studio, merupakan sebuah rumah seni yang memproduksi beragam kerajinan yang juga di pasarkan di XT SQUARE | Pasar Seni & Kerajinan, Jl. Veteran No. 1 Blok C Lantai 1 No. 75-78 Yogyakarta, di tempat ini Anda akan bertemu langsung dengan pengrajin dan mendapatkan suasana belanja yang aman dan nyaman, dengan parkir yang luas serta beragam kuliner sambil menikmati alunan musik dari panggung hiburan.

 

Destinasi berikutnya adalah Tamansari yang merupakan taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Sebenarnya selain Taman Sari, Kesultanan Yogyakata memiliki beberapa pesanggrahan seperti Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo. Kesemuanya berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline