Lihat ke Halaman Asli

Kinaya Alida Yulia

Mahasiswi PGPAUD UPI

Pentingnya Pendidikan terhadap Status Sosial dan Ekonomi

Diperbarui: 3 Agustus 2022   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung, Isola - Mahasiswa KKN UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung Kelompok 20B mengadakan kegiatan penyuluhan dengan tema Pentingnya Pendidikan Terhadap Status Sosial dan Ekonomi kepada peserta didik Kelas IX-I di SMPN 29 Bandung, Kamis (21/07/2022).

Kegiatan penyuluhan ini membahas mengenai betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi status sosial dan ekonomi, pendidikan memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan penghasilan dan pekerjaan yang dimiliki suatu individu. 

Hal ini disebabkan karena dalam bermasyarakat, semakin tinggi tingkat pendidikan, jabatan, dan penghasilan suatu individu, semakin terpandang pula individu tersebut.

Penyuluhan yang diadakan di SMPN 29 Bandung ini memfokuskan sasaran pada anak usia remaja agar mereka lebih memperhatikan pendidikan yang sedang mereka emban. 

Oleh karena itu, isi dari pematerian yang disampaikan adalah mengenai informasi-informasi tentang begitu pentingnya bagi remaja untuk memperoleh pendidikan demi kehidupan yang lebih baik di masa depan, apa saja faktor yang mempengaruhi perbedaan status sosial dan ekonomi, dan bagaimana cara remaja mengatasi perbedaan status sosial dan ekonomi tersebut.

Selain itu, dalam kegiatan ini  juga memuat informasi tentang jenjang pendidikan lebih lanjut seperti SMAN/SMKN dengan tujuan peserta didik dapat memperoleh gambaran mengenai bagaimana cara untuk mendaftarkan diri ke sekolah yang mereka inginkan, apa saja yang akan mereka pelajari, serta apa saja jalur pendaftaran yang tersedia untuk jenjang tersebut. 

Ketua Kelompok 20B Kinaya Alida Yulia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak yang membantu keberhasilan jalannya rangkaian kegiatan, "Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. Sebagai perwakilan Kelompok 20B, saya mengucapkan terima kasih kepada staff Humas SMPN 29 Bandung karena telah membantu perizinan untuk melakukan kegiatan penyuluhan di sekolah. Selain itu, kami juga berterima kasih kepada peserta didik Kelas IX-I yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini."

penyuluhan-62ea72013555e4457b71df04.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline