Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Media Digital Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Diperbarui: 27 Februari 2022   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media digital merupakan media elektronik yang dapat menyimpan, membagikan, serta menerima informasi yang telah terformat secara digital. Media digital tidak hanya digunakan untuk mencari informasi, namun juga dapat digunakan untuk mencari uang, teman, tempat tinggal, pekerjaan, bahkan jodoh atau lainnya. Contoh dari media digital adalah website, video digital, gambar digital, audio digital, dan media sosial.

Contoh dari media digital yang banyak digunakan saat ini yaitu media sosial dan website. Media sosial merupakan media yang dapat digunakan untuk bersosialisasi dengan orang lain secara daring, yang berarti kita tidak perlu bertemu secara langsung dengan orang tersebut. Saat ini, media sosial menjadi sarana bagi banyak orang untuk bisa berinteraksi, bahkan dari semua kalangan umur baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia dapat dengan mudah mengakses media sosial dimanapun dan kapanpun. Sedangkan website merupakan kumpulan dari berbagai halaman yang saling berkaitan. Contohnya website yang dimiliki oleh toko pakaian, kosmetik, aksesoris, dan lainnya yang berisikan produk-produk yang dijual.

png-20220227-113246-0000-621b12f1bb4486038247ae77.png

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat diartikan sebagai suatu bisnis secara kecil-kecilan. UMKM ini tidak hanya dalam bidang makanan saja, namun juga kerajinan tangan, pakaian, dan lain-lain. Pentingnya media digital bagi UMKM yaitu sebagai pendukung dalam mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih berkembang dan dapat dikenal banyak orang. Jika orang yang memiliki UMKM tersebut tidak mempromosikan produknya, maka yang mengetahui adanya produk tersebut hanya orang yang tinggal disekitar tempat didirikannya UMKM. Bahkan banyak bisnis yang sudah besar dan dikenal banyak orang pun selalu melakukan promosi atau mereview produknya.

Beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk yaitu Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, WhatsApp, Twitter, dan lainnya. Ada banyak sekali contoh UMKM yang awalnya pembelinya hanya disekitar tempat tinggalnya, menjadi lebih luas hingga sampai ke luar kota, luar provinsi, luar pulau, atau bahkan juga luar negeri setelah di pasarkan melalui media sosial.

Sehingga dapat disimpulkan sepenting apa media digital bagi UMKM yang ingin berkembang dan maju. Dalam memasarkan produknya juga tidak bisa asal promosi, tapi dengan membuat konten-konten semenarik mungkin untuk menarik minat pembeli.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline