Lihat ke Halaman Asli

Kinanti Nastiti

Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya

Pendampingan Kelompok UMKM dalam Membangun Brand dan Reputasi

Diperbarui: 8 Juli 2023   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kedatangan di Desa Balongmojo, Dok. Pribadi

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan tanggal Selasa (04/7/2023). Pengabdian Masyarakat ini bertempat pada Dusun Karangnongko, Desa Balongmojo Kecamatan Puri yang terbentuk terdiri dari beberapa mahasiswa, salah satunya Kinanti Nastiti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi Akuntansi.

Pendampingan Kelompok UMKM dalam membangun brand dan reputasi melalui E- Commerce pada Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dibimbing oleh Dosen Pengampu Lapangan (DPL) Bapak Reza Sarwo Widagdo, S. Tr. T., M. T.

Dalam era digital saat ini semuanya sudah beralih pada teknologi. Mulai dari pemesanan makanan, berbelanja online, maupun pembayaran. Semua saat ini serba digital, untuk mengikuti perkembangan zaman kita merubah sedikit demi sedikit dengan gaya hidup yang kita jalani. Berawal dari era belanja online yang saat ini didominasi oleh Shoppe. Hal ini memang sangat membantu dalam segi ekonomi yang ada di Indonesia.

Selasa (04/7/2023), kegiatan Pendampingan Kelompok UMKM dalam membangun brand dan reputasi Sepatu Kulit pada Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur telah dilaksanakan dengan sukses. Dengan sasaran para pelaku UMKM sepatu kulit. Berpotensi memiliki keahlian dalam penggunaan Teknologi Smartphone. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dijelaskan teknik dan jenis-jenis foto produk. Pada pemaparan materi yang dijelaskan oleh Kinanti Nastiti, Mahasiswa Akuntansi sebagai Narasumber pada hari itu. Setelah dilakukan sesi sosialisasi, sasaran diajak untuk praktik. Dengan tujuan tidak hanya menerima ilmu tetapi juga menerapkan ilmu yang disampaikan. Antusias sasaran dalam praktik foto produk sangat berambisi, mereka banyak melakukan sesi tanya jawab dan praktik yang nantinya bisa dilakukan sendiri di rumah hanya bermodalkan Smartphone. Karena foto dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen saat membeli suatu barang.

Dokumentasi Kegiatan

Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah Mitra yang produktivitasnya  meningkat dengan tujuan dari pendampingan ini adalah meningkatnya penjualan dan pendapatan UMKM di Desa Balongmojo. Dengan memanfaatkan E-Commerce, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Dengan meningkatnya penjualan, UMKM akan dapat meningkatkan pendapatan mereka, memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selasa  (04/7/2023) dilakukan kegiatan foto produk oleh mahasiswa Prodi Akuntansi, Kinanti Nastiti yang sudah terdaftar di Gmaps sesuai dengan titik lokasi produk, kemudian dilakukan Verifikasi akun serta Foto Produk yang akan jadi gambar pada Gmaps atau Google Maps.

https://maps.app.goo.gl/YRjN1BRxAowcu4G28

https://www.bing.com/ck/a?!&&p=2b18d51d4b747aaeJmltdHM9MTY4ODY4ODAwMCZpZ3VpZD0yODgwOTViNy03M2VkLTY3NTAtMWQzMC05YWFiNzJkNTY2MDUmaW5zaWQ9NTIwNA&ptn=3&hsh=3&fclid=288095b7-73ed-6750-1d30-9aab72d56605&psq=untag+surabaya&u=a1aHR0cHM6Ly91bnRhZy1zYnkuYWMuaWQv&ntb=1

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline